1. Kata sambutan untuk perpisahan sekolah.

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Yang terhormat, kepala sekolah ...

Yang terhormat dewan guru dan staf administrasi SMA ...

Dan tak lupa, teman-teman semua siswa dan siswi kelas 12 yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberi rahmat-Nya bagi kita semua hingga kita dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat.

Hadirin sekalian, saya mewakili kelas 12, akan menyampaikan sepatah dua kata.

Bapak/Ibu guru yang kami cintai, saat ini kami sudah mencapai di titik ini, semua berkat segala pengetahuan yang telah diberikan kepada kami. Kini kami sudah siap menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Berkat ilmu yang kalian berikan selama tiga tahun, kami mendapatkan bekal yang sangat bermanfaat.

Jutaan terima kasih tak sanggup membalas kebaikan kalian kepada kami. Mohon maaf apabila ada perkataan kami yang sering membuat Bapak/Ibu sakit hati.

Semoga kita bisa berjumpa lagi di lain waktu di mana Bapak/Ibu sekalian bisa menyaksikan kesuksesan kami. Amin.

Demikian kata sambutan saya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2. Kata sambutan untuk acara lamaran.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah memberikan limpahan rahmat dan nikmat kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat bersilaturahmi pada hari yang berbahagia.

Terima kasih kami ucapkan telah berkenan menerima kami sekeluarga dengan baik. Perkenankanlah saya untuk menyampaikan tutur kata untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ini.

Pada hari ini, kami hadir di tengah-tengah keluarga Bapak dan Ibu, tiada lain dalam rangka bersilaturahmi agar saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat.

Selanjutnya, kami juga ingin menyampaikan maksud dari adik kami yang sudah cukup lama mengenal putri Bapak dan Ibu.

Maka itu, izinkan kami mewakili (nama mempelai pria) untuk menyampaikan niat baik yang tulus untuk melamar putri Bapak/Ibu sebagai wujud keseriusan kami.

Mudah-mudahan Bapak dan Ibu berkenan untuk meridhoi niat adik kami dengan menerima lamaran pernikahan ini.

Hanya inilah yang dapat kami utarakan kepada Bapak dan Ibu, sambil menanti sambutan dari Bpk/Ibu bersama jawaban lamaran dari adik kami.

Tak lupa kami sekeluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat tutur kata yang kurang berkenan dalam menyampaikan maksud dan tujuan yang mulia ini.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

3. Kata sambutan rapat penting.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Kutipan dan Telaahan dari Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I Tahun 2022 atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2023 yang disusun oleh Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian DPR RI hingga selesai.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menjelaskan akuntabilitas sebagai evaluasi terhadap proses pelaksanaan kegiatan/kinerja organisasi untuk dapat dipertanggungjawabkan sekaligus sebagai umpan balik bagi pimpinan organisasi untuk dapat lebih meningkatkan kinerja organisasi pada masa yang akan datang. Dengan demikian diharapkan akuntabilitas dapat mendorong terciptanya kinerja yang baik dan terpercaya.

Sebagai negara berkembang, tema akuntabilitas Indonesia telah dijadikan jargon yang banyak dibicarakan. Istilah ini bahkan mulai digunakan oleh komunitas terpinggirkan yang umumnya untuk memberi kritik atas praktik penganggaran baik APBN maupun APBD. Persoalan akuntabilitas bukan lagi wacana, melainkan salah satu problem mendasar di ranah pengambilan keputusan publik kita.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang mempunyai 3 (tiga) fungsi yaitu fungsi Legislasi, fungsi Anggaran dan fungsi Pengawasan yang juga menerima hasil pemeriksaan BPK secara berkala tentunya akan ditindaklanjuti oleh DPR dalam Raker, RDP dengan mitra kerja.

Dengan demikian kehadiran Badan Keahlian DPR RI sebagai supporting system Dewan di bidang keahlian pada umumnya dan Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan

Negara pada khususnya dapat mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPR RI di bidang pengawasan berupa hasil kajian dan analisis terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan, laporan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu yang disusun oleh Kementerian/Lembaga pemerintah pusat. Untuk itu, dokumen yang hadir dihadapan ini merupakan satu diantara hasil kajian yang disusun oleh Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara yang dinamakan dengan judul 'Hasil Telaahan Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara BKD Atas Hasil Pemeriksaan BPK'.

Kami menyadari bahwa dokumen ini masih banyak memiliki kekurangan. Untuk itu saran dan masukan serta kritik konstruktif guna perbaikan isi dan struktur penyajian sangat kami harapkan, agar dapat dihasilkan kajian atas telaah-an yang lebih baik di masa depan. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama semua pihak.

4. Kata sambutan acara pelantikan.

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Yang kami hormati, ...

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menjadi ...

Saya mohon bimbingan, doa kepada hadirin semua.

Tentunya saya akan bekerja lebih baik lagi serta mengimplementasikan rencana-rencana besar saya untuk memajukan perusahaan.

Saya juga memiliki harapan yang besar kepada semua rekan saya untuk turut berkontribusi dengan semangat kerja sama yang tinggi guna mencapai kesuksesan bersama.

Demikian, atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

5. Kata sambutan acara wisuda.

Assalamualaikum Wr. Wb. Di hari yang ber bahagia ini, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas curahan rahmat dan kasih-Nya, saat ini kita semua dapat menghadiri acara Wisuda Universitas Matahari. Saya mewakili panitia wisuda ingin mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan hadirin memenuhi undangan kami. Hadirin yang saya hormati, Upacara wisuda ini merupakan suatu proses dari rangkaian kegiatan yang dilakukan di lingkungan pendidikan ini. Dengan digelarnya wisuda ini, berarti Universitas Matahari telah menyumbangkan darmabakti bagi bangsa dengan turut mewujudkan manusia yang lebih terampil dan berpendidikan. Hadirin yang berbahagia, dalam kesempatan spesial ini, jajaran Direksi Universitas Matahari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang akan memasuki babak baru di arena kompetisi yang nyata. Semoga saudara-saudari mampu melakukan yang terbaik dan menjadi generasi yang bermanfaat. Hadirin yang saya hormati, di akhir sambutan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada manajemen Universitas Matahari, Bapak-Ibu dosen, dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu yang telah memberikan perhatian dan partisipasinya dalam penyelenggaraan wisuda ini, saya ucapkan terima kasih dan juga mohon maaf atas segala kekurangan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Kata sambutan untuk presentasi.

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Yang saya hormati Direktur PT Angin Besar, Bapak Nanang budi utomo atau yang mewakili, yang kami hormati Bapak Nanang selaku pembicara, yang kami hormati Bapak Rizky Pora sitamulu selaku moderator, dan hadirin peserta seminar sekalian yang berbahagia.

Kami selaku panitia mengucapkan selamat datang kepada hadirin yang hadir disini. Seminar kita pada hari ini ini akan membahas topik "Belajar wirausaha untuk pemula dan umum" dan seminar ini akan diperuntukkan bagi semua masyarakat tanpa terkecuali baik yang telah mempunyai jiwa wirausaha ataupun yang belum memiliki jiwa wirausaha.

Pendidikan kewirausahaan ini amat penting dan menarik untuk dibahas. Seminar ini bertujuan untuk dapat memberikan bekal kepada siapapun yang berminat itu untuk dapat lebih menyelami dunia kewirausahaan.

Oleh karena itu, pada hari ini kita bersama akan mendengarkan presentasi mengenai "Belajar wirausaha untuk pemula dan umum" yang akan disampaikan oleh Bapak Drs. Nugroho Slamet. Selanjutnya, acara akan disambung dengan sesi tanya jawab. Hadirin yang berbahagia, sebelum kita mulai acara seminar, marilah sebagai pembuka kita baca basmalah bersama-sama. "Bismillahirrahmanirrahim."

7. Kata sambutan untuk acara kerja bakti.

Selamat pagi semuanya, sebelum memulai acara, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah diberikan berkat untuk dapat berkumpul dalam keadaan yang baik pada hari ini. Hadirin yang saya hormati, pentingnya menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan orang lain dapat menjadi contoh yang baik untuk orang-orang terdekat. Oleh karena itu, marilah menjaga bersih agar dapat menjadi contoh bagi orang-orang sekitar. Semakin banyak yang tersadar akan pentingnya menjaga lingkungan, efeknya akan semakin baik untuk bumi juga. Dengan ini, masyarakat diharapkan dapat menyelamatkan bumi dari sampah dan polusi yang menumpuk. Hadirin yang berbahagia dan saya hormati, demikian sambutan singkat ini saya sampaikan. Semoga pidato singkat ini dapat mendorong Anda menjaga kebersihan dengan lebih baik lagi. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

8. Kata sambutan untuk acara ulang tahunnya.

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Teman-temanku yang berbahagia, atas nama sahabat kita yang kini sedang berbahagia di hari ulang tahun, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman.

Mohon maaf apabila ada hal yang tidak berkenan dalam penyambutan teman-teman di acara ini. Sekecil apapun tanda mata yang teman-teman berikan, semoga Tuhan membalasnya berlimpah-limpah.

Tidak ada hadiah yang paling bermanfaat kecuali doa yang kita panjatkan kepada teman kita, semoga teman kita dipanjangkan umurnya, dimudahkan rezeki, dan selalu mendapat rida-Nya.

Terima kasih sekian dulu sambutan dari saya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

9. Kata sambutan untuk acara Karang Taruna.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam hadirin.

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Karangjati.

Yang terhormat Ibu Ketua Karang Taruna Desa Karangjati.

Kami sangat menghargai kerja keras para panitia acara yang membuat kegiatan hari ini dapat berjalan dengan sukses.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk hadirin yang telah meluangkan waktu untuk datang dalam acara hari ini.

Rasa syukur kita limpahkan karena atas berkat dan rahmat yang telah Allah SWT. berikan sehingga kita dapat berkumpul dalam ruangan ini dengan keadaan yang bahagia dan sehat walafiat.

Shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad saw. karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia dan dirahmati Allah Swt., saya sebagai perwakilan dari Karang Taruna ingin mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah datang dalam acara Puncak Penghargaan Karangjati.

Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para penyelenggara acara yang telah mensukseskan jalannya kegiatan ini.

Hadirin yang berbahagia dan dirahmati Allah Swt., saya berharap dengan diselenggarakan acara Puncak Penghargaan Karangjati menjadi motivasi kepada masyarakat Karangjati untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, saya harap acara Puncak Penghargaan Karangjati ini dapat berjalan dengan lancar hingga dapat mengadakannya pada tahun ke tahun. Amin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

10. Kata sambutan untuk acara Kemerdekaan.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin sekalian, hari ini adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini menjadi pengingat kita kepada para pendahulu kita, para pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan seluruh jiwa serta raganya untuk dapat menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia tercinta. Dengan penuh kegagahan dan keberanian, para pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan sekutu yang terus menyerang negeri kita dari laut, darat, dan udara.

Mereka tak gentar sedikitpun untuk melawan. Mereka dengan berani memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Semangat seperti merekalah yang seharusnya kita teruskan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia selamanya. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk mengingatkan hadirin sekalian tentang perjuangan harkat dan martabat bangsa. Sekian kata sambutan dari saya, apabila ada kesalahan kata dalam berucap baik yang disengaja maupun tidak disengaja, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

11. Kata sambutan untuk acara seminar.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas karunia dan berkah-Nya kita bisa bertemu dalam acara seminar pendidikan ini. Seminar kali ini diikuti oleh 100 siswa.

Pada kesempatan yang bahagia ini, saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah lulus ujian dan menamatkan jenjang SMA. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kalian yang berminat mengikuti seminar ini. Setelah mengikuti seminar ini diharapkan adik-adik tidak salah langkah dalam memilih jenjang pendidikan selanjutnya.

Adapun pembicara kita hari ini adalah konsultan pendidikan. Jadi, saya berharap adik-adik bisa mengikuti seminar ini dengan aktif dan tidak malu bertanya.
Demikian sepatah dua patah kata yang saya sampaikan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.