Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia, ada banyak jenis kata yang harus dipahami. Salah satu kata yang banyak digunakan dalam sebuah kalimat yakni kata rujukan. Kata rujukan adalah kata atau frasa yang digunakan untuk menunjuk atau merujuk pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya dalam percakapan atau teks.

Kata rujukan dapat digunakan untuk menghindari mengulangi informasi yang sama dan membuat percakapan atau teks lebih efisien. Contoh kata rujukan yakni kata ganti, kata depan dan kata seru.

Dengan kata rujukan ini, kamu juga dapat memberikan informasi tambahan atau untuk memperjelas makna suatu pernyataan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kata rujukan, yuk simak 25 contoh kata rujukan, lengkap dengan jenis dan penggunaanya, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/1).

- Jenis kata rujukan.

Contoh kata rujukan © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Kata rujukan dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu kata rujukan personal dan kata rujukan tidak personal. Kata rujukan personal mengacu pada seseorang atau sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya dalam percakapan atau teks, seperti kata "ia" atau "dia" yang mengacu pada seseorang yang telah disebutkan sebelumnya. Kata rujukan tidak personal mengacu pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya tanpa menyebutkan siapa atau apa yang dimaksud, seperti kata "itu" atau "ini" yang mengacu pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, kata rujukan juga dapat dibagi menjadi dua kategori lain yaitu kata rujukan tempat dan kata rujukan waktu. Kata rujukan tempat mengacu pada tempat yang telah disebutkan sebelumnya dalam percakapan atau teks, seperti kata "sini" atau "sana" yang mengacu pada tempat yang telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan kata rujukan waktu mengacu pada waktu yang telah disebutkan sebelumnya dalam percakapan atau teks, seperti kata "sekarang" atau "nanti" yang mengacu pada waktu yang telah disebutkan sebelumnya.

Secara keseluruhan, kata rujukan merupakan komponen penting dari percakapan atau teks yang membuat percakapan atau teks lebih efisien dan memudahkan pemahaman.

(brl/far)