Brilio.net - Politisi Partai Demokrat dan juga mantan anggota DPR RI, Sutan Bhatoegana dikabarkan meninggal dunia Sabtu (19/11) pagi, setelah menderita penyakit sirosis.

Terpidana kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) di Kementerian ESDM ini dikenal sebagai sosok yang energik, lucu dan pintar bermain kata. Ia pun sering melontarkan beberapa celetukan, yang kemudian dikenal publik sebgai celetukan khas dirinya.

Siapa saja yang pernah bersinggungan dengannya pasti selalu ingat dengan gaya khasnya suara menggelegar dan mata melotot. Meski demikian, Bhatoegana tak sedang marah, memang itu gaya yang melekat padanya. Selain gaya khasnya, itu Bhatoegana juga punya ungkapan atau celetukan khas ketika diwawancarai.

Nah, berikut brilio.net himpun celetukan-celetukan yang diidentikkan dengan Sutan Bhatoegana, Sabtu (19/11).

1. Masuk itu Barang, Kena barang tuh, Paten barang tuh, Nampak barang tuh.

Loading...

celetukan Sutan Bathoegana © 2016 Merdeka.com

foto: merdeka.com

"Masuk barang tuh", kerap diucapkan Bhatoegana dengan ekspresi wajahnya yang khas, tak heran kalau celetukan ini pun cukup populer di publik. Bhatoegana mengaku ucapan ini spontan diucapkannya. Seperti saat Bhatoegana sedang di lokasi Jakarta Fashion Week dan ditodong untuk berkomentar, "Ya pasti mantaplah barang tuh!" ujar Bathoegana saat itu.

2. BBM dan SDM

celetukan Sutan Bathoegana © 2016 Merdeka.com

foto: merdeka.com

Celetukan Bhatoegana lainnya yang kerap ia lontarkan adalah BBM (Bersih, Berani, dan Merakyat) juga SDM (Selamatkan Diri Masing-masing).

"Contoh ada rekan-rekan yang tanya pemimpin yang dibutuhkan saat ini dari tingkat nasional sampai daerah. Saya katakan kita butuh Pemimpin yang BBM ( Bersih, Berani, Merakyat ) bukan yang SDM ( Selamatkan Diri Masing-masing)," ujarnya.

3. Ikan Salmon, Ikan Teri dan Ikan Koi

celetukan Sutan Bathoegana © 2016 Merdeka.com

foto: merdeka.com

Singkatan khas Bathoegana lainnya saat menyindir adalah Ikan Salmon (Intelektual Kagetan Asal Ngomong), Ikan Koi (Kelompok Orang penebar Isu negatif), dan juga Ikan Teri (mau terima nggak mau memberi).

"Jadi saya sindir saja. Saya minta mereka banyak-banyak makan ikan salmon biar sehat, agar orgasme politik mereka bisa cepat tercapai," jelas Bhatoegana saat mempopulerkan celetukan 'Ikan Salmon'.

4. Sorry My Love

celetukan Sutan Bathoegana © 2016 Merdeka.com

foto: merdeka.com

Kata-kata 'Sorry my love' sempat diucapkan Bhatoegana dalam sejumlah kesempatan. Ucapan itu tenar kala dia diisukan tersangkut kasus di ESDM. Ditanya wartawan perihal namanya yang disangkutpautkan dengan kasus itu, begini jawabannya, "Nama saya tidak tercemar, sory my love. Orang bilang saya tercemar, kalau tak ada bukti ya nggak akan tercemar," tegasnya.

5. Ngeri-Ngeri sedap

celetukan Sutan Bathoegana © 2016 Merdeka.com

foto: merdeka.com

Di antara celetukan yang pernah diucapkan Bhatoegana, kata-kata "ngeri-ngeri sedap" adalah yang paling terkenal dan melekat pada dirinya. Kata-kata ini sering diucapkannya di berbagai kesempatan, seperti saat sedang menyindir lawan politik.

"Itu dari Fraksi apa dan berbuat mesum dengan siapa ya. Kok jadi ngeri-ngeri sedap barang tuh," kata Sutan saat berkomentar soal isu video porno mirip anggota DPR.