Timnas India gagal ke Piala Dunia 1950, benarkah enggan pakai sepatu?

Timnas India gagal ke Piala Dunia 1950, benarkah enggan pakai sepatu?

Brilio.net - Turnamen Piala Dunia adalah impian setiap negara untuk berpartisipasi di dalamnya. Sepak bola sebagai olahraga populer, telah dimainkan oleh orang-orang di seluruh dunia. Tak peduli latar belakang kebangsaan, ras, dan budaya, sepak bola telah menjadikan hampir semua negeri di planet bumi ini memiliki tim nasionalnya sendiri-sendiri.

Namun, nyatanya ketika Piala Dunia baru digelar di era 50-an, ada negara yang tidak mau mengikuti ajang tersebut. Inggris misalnya, mereka ogah mengikuti 3 edisi Piala Dunia karena merasa mereka adalah pemilik sah olahraga sepak bola ini dan menolak bertanding dengan negara-negara yang dipandang belum modern.

Ada pula negara yang mengundurkan diri akibat sedang sibuk berperang seperti Jepang di Piala Dunia 1938 yang kemudian digantikan oleh Timnas Indonesia yang kala itu masih bernama Hindia Belanda.

Nah, pada Piala Dunia 1950, ada cerita menarik tentang negara yang mundur dari turnamen sepak bola antarnegara ini. Adalah tim nasional India yang gagal tampil di Piala Dunia yang diadakan di Brasil itu.

Timnas India gagal ke Piala Dunia 1950, benarkah enggan pakai sepatu?

foto: Twitter/@IndiaHistorypic

Padahal, itu adalah kesempatan pertama mereka untuk tampil pertama kalinya di Piala Dunia. Selain itu, India akan menjadi satu-satunya wakil Asia yang akan bertanding melawan negara-negara dari benua lain.

Nah, bagaimana cerita Timnas India ini sehingga mereka gagal lolos ke Piala Dunia 1950?

(brl/tin)