Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

Brilio.net - Seperti yang sudah diketahui, sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia. Sementara Piala Dunia adalah festival perayaan olahraga ini dengan menampilkan para pesepakbola terhebat yang pernah ada di setiap generasi.

Piala Dunia menarik banyak sekali penonton. Jumlahnya bahkan sampai miliaran. Ketika Piala Dunia dimulai, penggemar di seluruh dunia menonton pertandingan langsung di negara tuan rumah, atau menyaksikan lewat siaran langsung di televisi.

Artinya, ketika sesuatu yang mengejutkan terjadi di Piala Dunia, seluruh dunia juga turut menyaksikannya. Sejak turnamen ini digelar pertama pada tahun 1930, Piala Dunia telah menghasilkan begitu banyak momen kontroversi dan momen mengejutkan.

Dirangkum brilio.net pada dari berbagai sumber pada Senin (24/10), berikut ini ini momen kontroversi di Piala Dunia.

1. Gigitan Luis Suarez (Piala Dunia 2014)

Momen kontroversial sepanjang sejarah Piala Dunia, Suarez gigit lawan

foto: historyofsoccer.info

Momen Piala Dunia yang paling mengejutkan terjadi pada tahun 2014. Salah satu striker Uruguay cukup tajam di dunia saat itu, Luis Suarez melakukan kontroversi yang akan teringat sampai hari ini.

Momen itu terjadi ketika Timnas Uruguay bertanding melawan Italia. Pertandingan itu berjalan begitu sengit karena kedua tim sama-sama berjuang untuk lolos ke fase 16 besar.

Sempat diwarnai perkelahian di area penalti Italia, bek veteran Giorgio Chiellini jatuh ke tanah, bek Juventus ini kesakitan sambil memegangi bahu kirinya. Dan ketika tayangan ulang dilihat, Chiellini terlihat digigit oleh Luis Suarez di bagian bahunya.

Pemain Italia pun berlarian masih memprotes kejadian itu. Namun official pertandingan tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran. Hasilnya, di pertandingan itu Uruguay mencetak satu-satunya gol yang mengirim mereka ke babak sistem gugur sekaligus memulangkan Italia.

Hebatnya, ini adalah ketiga kalinya dalam kariernya bahwa Luis Suarez mencoba menggigit lawan. Setelah diselidiki lebih lanjut. FIFA akhirnya menentukan vonis. Pemain Uruguay itu dilarang tampil dalam sembilan pertandingan internasional bersama timnas dan didenda lebih dari 92.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,5 miliar.

(brl/lea)