Daftar pemain termuda yang pernah juara Piala Dunia dari masa ke masa

Daftar pemain termuda yang pernah juara Piala Dunia dari masa ke masa

Giuseppe Bergomi

3. Giuseppe Bergomi (18 thn).

Daftar pemain termuda yang pernah juara Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Instagram/@nostalgic_football_memories

Pada usia muda 18 tahun, Bergomi dipilih oleh pelatih tim nasional Italia Enzo Bearzot dalam skuad Piala Dunia 1982. Dia memulai turnamen di bangku cadangan dan selama babak penyisihan grup mampu memberikan penampilan yang baik dalam mengawasi pergerakan Socrates dan Serginho saat melawan Brasil dalam kemenangan 3-2 yang mengesankan. Bergomi membuat semua orang terkesan dengan kedewasaannya sebagai seorang pemain bertahan di semifinal dan final.

Dia membantu Italia menjaga clean sheet saat melawan Polandia di semifinal. Di Final, Bergomi diberi tugas yang mustahil untuk menandai bintang 2x Ballon D'or saat itu, Karl-Heinz Rummenigge. Hebatnya, Bergomi berhasil bekerja dengan solid saat Italia menang 3-1.

3. Ronaldo Nazrio (17 thn).

Daftar pemain termuda yang pernah juara Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Instagram/@cbf_futebol

Ronaldo Luis Nazario de Lima punya julukan 'The Phenomenon'. Dirinya bisa jadi adalah bakat alam yang lahir di generasi saat itu. Jika bukan karena cedera lutut serius, dia mungkin akan dikenal sebagai pemain sepak bola terhebat yang pernah ada. Pada tahun 1994, Ronaldo berusia 17 tahun menjadi bagian dari timnas Brasil pemenang Piala Dunia di Amerika Serikat. Namun, dia hanya berhasil masuk ke bangku cadangan dan tidak bermain satu menit pun.

Ronaldo mencetak 115 gol yang mengejutkan dalam 134 pertandingan antara 1994 dan 1999 selama dua musim brilian di Barcelona (37 gol, 34 pertandingan) dan PSV (46 gol dalam 42 pertandingan). Pada usia 23, ia telah mencetak lebih dari 200 gol untuk klub dan untuk Timnas Brasil.

Pada tahun 1998, ia adalah salah satu pemain kunci dari tim Brasil yang mencapai final. Dia bermain meski menderita kejang-kejang beberapa jam sebelum pertandingan. Pada tahun 2000, ia mengalami cedera ligamen lutut kanan dan melewatkan seluruh kampanye kualifikasi untuk Brasil. Di final Piala Dunia 2002, ia mencetak dua gol melawan Jerman untuk membantu Brasil menjuarai Piala Dunia.

Meskipun cedera lutut berulang, Ronaldo mengukir lebih dari karir sepakbola yang luar biasa.

5. Pele (17 thn).

Daftar pemain termuda yang pernah juara Piala Dunia dari masa ke masa

foto: Instagram/@pele

Pele disebut-sebut pesepak bola paling terkenal dalam sejarah olahraga dan juga striker terhebat abad ke-20. Legenda Brasil itu baru berusia 17 tahun 249 hari ketika Brasil mengalahkan Swedia dengan skor 5-2 di final Piala Dunia 1958 di Stadion Rasunda di Solna, Swedia. Pele mencetak dua gol, yang membuat a Selecao memenangkan gelar Piala Dunia pertama mereka.

Potret Pele yang berusia 17 tahun menangis di pelukan rekan satu timnya setelah kemenangan masih menjadi poster yang begitu populer sampai saat ini.

Kemudian, ia menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia dalam kemenangan perempat final mereka atas Wales. Kemenangan 5-2 Brasil atas Prancis di semifinal membuat Pele menjadi pencetak hat-trick termuda dalam sejarah Piala Dunia. Dia juga memenangkan Piala Dunia pada tahun 1962 di Chili. Kemudian, ia melanjutkan untuk menyabet trofi Piala Dunia ketiganya selama delapan tahun di Meksiko. Pele adalah satu-satunya pemain yang telah memenangkan 3 trofi Piala Dunia.

(brl/far)