Prestasi terbaik negara-negara Afrika dalam sejarah Piala Dunia

Prestasi terbaik negara-negara Afrika dalam sejarah Piala Dunia

Brilio.net - Piala Dunia selalu menghadirkan cerita dari banyaknya momen yang terjadi. Pesta sepak bola yang dimainkan oleh negara-negara dari semua benua ini juga menghadirkan para tim-tim jagoan asal Afrika yang turut mentas di Piala Dunia.

Negara-negara dari benua Afrika telah melahirkan begitu banyak legenda yang pernah menjadi maestro di lapangan hijau. Mereka diantaranya seperti Roger Milla, George Weah, dan Didier Drogba, Samuel Eto'o. Kini kita juga mengenal Sadio Mane, Mohamed Salah, yang begitu cemerlang sebagai pemain sepak bola.

Selain itu, banyak pemain kelas dunia yang merumput bersama timnas-timnas di Eropa adalah keturunan Afrika. Negara-negara asal Afrika sendiri sampai sekarang belum pernah ada yang mampu menembus partai final Piala Dunia. Mereka sejauh ini hanya berhasil menembus babak gugur dan biasanya harus takluk dari negara-negara Eropa atau Amerika Latin.

Nah, seperti apakah prestasi terbaik yang pernah diraih oleh negara-negara Afrika sepanjang sejarah Piala Dunia? Dirangkum brilio.net pada Jumat (7/10) simak rangkumannya berikut ini.

Timnas Maroko

Prestasi terbaik negara-negara Afrika dalam sejarah Piala Dunia

foto: Instagram/@equipedumaroc

Maroko dianggap tim underdog di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Kala itu, Maroko tergabung dalam grup neraka. Negara Afrika utara ini harus bersaing melawan Inggris, Polandia, dan Portugal.

Namun pencapaian negara ini begitu menakjubkan saat itu. Setelah berhasil berhasil menahan imbang Polandia dengan skor kacamata, Maroko juga berhasil menahan imbang timnas Inggris tanpa gol sampai akhir pertandingan.

Di pertandingan ketiga inilah yang paling hebat. Maroko berhasil tim paling kuat kala itu di grup F, Portugal. Timnas Maroko dengan perkasa berhasil menghempaskan Selecao das quinas dengan skor 3-1. Hasil ketiga pertandingan tersebut membuat Maroko melaju ke babak 16 besar sebelum akhirnya harus mengakui keunggulan Jerman Barat.

Timnas Nigeria

Prestasi terbaik negara-negara Afrika dalam sejarah Piala Dunia

foto: planetfootball.com

Nigeria selalu membuat Afrika bangga dengan mengalahkan negara-negara kuat. Timnas Nigeria adalah dikenal penuh semangat, ketabahan, dan tekad yang selalu diunggulkan untuk ditonton.

Pada Piala di tahun 1994 di Amerika Serikat, Nigeria menjalani Piala Dunia pertamanya sepanjang sejarah. Namun begitu, tim Elang Afrika ini begitu perkasa dengan mampu keluar menjadi juara grup dengan berhasil menghempaskan lawan-lawannya.

Nigeria berhasil menghajar Bulgaria 3-0, dan Yunani 2-0. Meskipun kalah 1-2 dari Argentina yang saat itu masih diperkuat Diego Maradona, Nigeria tetap berhasil melaju ke babak 16 besar.

Piala Dunia 1998 juga sangat berkesan bagi Nigeria. Mereka mengalahkan Spanyol 3-2 dan kembali menjadi pemuncak grup mengungguli Spanyol, Paraguay, dan Bulgaria.

(brl/lea)