Brilio.net - Indonesia masuk dalam daftar Deloitte Technology Fast 500 Asia Pacific 2020. Prestasi ini diarih berkat Tokopedia yang menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar tahun ini. Tak pelak Tokopedia pun membawa nama Indonesia dalam daftar ini dengan menduduki peringkat ke-94 dari 500 perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik.

Ini untuk pertama kalinya Tokopedia berada dalam jajaran Top-100 Deloitte Technology Fast 500 Asia Pacific 2020. Menariknya, Tokopedia berada di jajaran 8 perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara

Peringkat ini didasarkan pada persentase pertumbuhan pendapatan selama tiga tahun. Tokopedia tumbuh 608 persen selama periode ini. Secara keseluruhan, perusahaan yang mendapat peringkat dalam Deloitte Technology Fast 500 Asia Pacific 2020 memiliki tingkat pertumbuhan rata-rata 551 persen.

Tokopedia Masuk Daftar Deloitte Technology © 2021 brilio.net

COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan implementasi 3 DNA Tokopedia, Focus on Consumer, Growth Mindset, Make it Happen & Make it Better, berkontribusi dalam pertumbuhan pendapatan Tokopediadalam tiga tahun terakhir.

“Merupakan suatu kehormatan untuk masuk sebagai perusahaan teknologi Indonesia pertama di Deloitte Technology Fast 500 Asia Pasifik 2020. Ke depan, kami akan terus menjadi perusahaan teknologi yang memungkinkan masyarakat Indonesia memulai dan menemukan apa pun, sejalan dengan misi perusahaan kami untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata Melissa.

Tokopedia baru-baru ini juga melaporkan pertumbuhan jumlah penjual di platformnya dari 7,2 juta sebelum pandemi pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta penjual saat ini. Selain itu, Tokopedia juga mengalami pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan, dari lebih dari 90 juta sebelum pandemi pada Januari 2020 menjadi lebih dari 100 juta saat ini.

Tokopedia Masuk Daftar Deloitte Technology © 2021 brilio.net

“Mendapat peringkat di Deloitte Technology Fast 500 merupakan pencapaian yang sangat hebat, terutama karena perusahaan teknologi saat ini berkembang pesat dalam lingkungan yang sangat kompetitif dan terus berubah. Kami sangat mengapresiasi Tokopedia karena menjadi perusahaan Indonesia dengan peringkat teratas di daftar ini," kata Mike Horne, Asia Pacific Deloitte Private Leader.

Sekadar informasi, daftar Technology Fast 500 disusun dari program Deloitte Asia Pacific Technology Fast 50, nominasi diserahkan langsung ke Technology Fast 500, dan penelitian database perusahaan publik. Untuk memenuhi syarat Technology Fast 500, peserta harus memiliki pendapatan operasional tahunan minimal USD 50.000. Peserta juga harus merupakan perusahaan publik atau swasta yang berkantor pusat di Asia Pasifik dan harus merupakan perusahaan teknologi.