Brilio.net - Di masa pandemi, perilaku belanja sebagian besar orang beralih dari offline menjadi online. Kondisi ini pun berdampak pada pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM). Mereka tetap bisa bertahan dengan meraih penghasilan di masa sulit ini. Hal ini menjadikan bisnis online menjadi ladang pendapatan baru bagi UMKM.  

Data Badan Pusat Statistik Indonesia menyebutkan, sebelum masa pandemi, hanya 15,08 persen pelaku usaha yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produk mereka. Sementara 84,92 persen sisanya masih berdagang secara offline.

Namun sejak awal pandemi Covid-19 merebak pada Maret lalu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat ada lebih dari 301.115 pelaku UMKM yang beralih memasarkan produknya secara online. Akibatnya, persaingan di dunia perdagangan berbasis internet ini semakin ketat.

UMKM domain © 2020 brilio.net businesstown.com

Eko Danang Waskito, owner salah satu penyedia layanan web hosting Indonesia Rackrock mengatakan, salah satu cara untuk membuat bisnis para pelaku usaha ini menonjol di antara yang lain adalah memiliki website sendiri. Menurutnya, dengan memiliki website, produk yang dipasarkan terlihat lebih kredibel.

“Misalnya saja, calon konsumen A mendengar nama produk si pelaku bisnis itu, entah dari temannya atau dari iklan di medsos. Naluri manusia si A akan langsung mencoba mencari tahu tentang produk tersebut di Google atau mesin pencarian lainnya. Kalau produk itu punya website dan informasinya lengkap, maka keyakinan A terhadap produk tersebut akan meningkat, dan berujung pada pembelian,” jelas Danang.

Membuat website, lanjut Danang, tidak sesulit yang selama ini dipikirkan kebanyakan orang awam.  Saat ini sudah banyak platform untuk membuat website sendiri. Yang paling mudah digunakan adalah wordpress atau blogspot. Kemudian, pelaku usaha bisa langsung menentukan nama domain yang menarik dan mudah diingat konsumen sebagai branding.

“Langkah selanjutnya yang paling penting adalah mendaftarkan nama domain tersebut. Pelaku usaha bisa memilih jasa layanan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi jangan sampai salah pilih, dan malah membuat website-nya jadi terganggu ketika traffic sedang tinggi,” tuturnya.

UMKM domain © 2020 brilio.net Rackrock

Danang menyebut, untuk mendapatkan jasa web hosting yang bagus tidak selalu harus mengeluarkan biaya besar. Sebut saja Rackrock.co.id yang menawarkan harga terjangkau, sudah bisa memberikan layanan premium.

“Yang penting performa server oke dan aman dari peretas. Rackrock.co.id adalah unlimited SSD Web Hosting Indonesia yang bisa memberikan solusi layanan bisnis dengan harga terjangkau,” pungkasnya.