Brilio.net - Festival belanja online pada 11.11 menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh masyarakat, khususnya bagi kamu yang penggila diskon. Acara ini pada awalnya diperingati di China, disebut sebagai Singles Day.

Namun seiring berjalannya waktu, pesta diskon ini menjalar ke sejumlah negara di Asia lainnya, salah satunya Indonesia. Pada mulanya strategi ini dugunakan oleh perusahaan Alibaba sebagai peluang besar untuk bisa menjaring banyak konsumen. Melihat antusias orang-orang yang tinggi, membuat perusahaan lain juga turut memanfaatkan strategi serupa.

Ada banyak e-commerce lantas menawarkan diskon gila-gilaan pada momen ini. Mulai dari Bukalapak, Lazada, Shopee, JD.ID, dan masih banyak lagi lainnya. Para penjual kemudian beramai-ramai mengiklankan produk barangnya di situs media sosial mereka. Tak sedikit yang memberikan diskon hingga setengah harga. 

Namun sayangnya, strategi iklan seperti ini membutuhkan usaha dan tenaga yang lebih. Sebab mencari diskonan yang tepat termasuk tantangan yang mudah-mudah sulit. Tak ayal membuat masyarakat mulai menyusun strategi jitu untuk bisa dapat diskon secara mudah. Mulai menyiapkan amunisi agar berhasil dapat benda yang paling diingin namun dengan harga yang murah meriah.

Jangan mau ketinggalan dan kehabisan barang pilihan, berikut brilio.net rangkum dari CupoNation, beberapa trik jitu supaya dapat diskon di 11.11 ini pada Senin (11/11).

1. Ketahui situs-situs pemberi diskon.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: JD.ID

Pantau terus perusahaan apa saja yang ikut berpartisipasi dalam acara 11.11. Cek semua situs marketplace favorit yang mengikuti acara ini. Setiap peritel memberikan penawaran menggiurkan untuk menyambut "hajatan” e-commmerce. Misalnya, diskon, promo, dan kategori produk mana yang didiskon.

2. Berlangganan e-mail.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: pixabay.com

Dengan kamu berlangganan pemberitahuan dari berbagai perusahaan, kamu bisa tahu info beragam program diskon dengan cepat. Salah satunya dengan berlangganan melalui e-mail. Daftarakan e-mailmu ke banyak perusahaan.

3. Rajin mengikuti flash sale.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: Instagram/@lazada_id

Ada banyak diskon yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce. Salah satunya adalah promo flash sale. Promo ini selalu menjadi rebutan orang banyak karena barang yang ditawarkan terbatas. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur pengingat di aplikasi agar bisa siap siaga sebelum penjualan kilat dimulai.

4. Pakai situs pembanding harga.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: Merdeka.com

Apabila produk yang kamu incar nggak masuk ke dalam flash sale, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga murah melalui situs pembanding harga. Setiap toko online menawarkan produk yang sama dengan harga yang sedikit berbeda. Dengan situs pembanding ini, kamu tetap bisa mendapatkan barang dengan harga yang ramah di kantong.

5. Manfaatkan cashback.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: Kapanlagi.com

Setelah selesai berburu diskon, masukkan ke daftar check out. Cara ini bisa membantumu supaya lebih berhemat saat pesta belanja. Tambahkan kode cashback yang sekiranya bisa digabungkan dengan diskon yang sudah kamu dapatkan sebelummnya.

6. Simpan bukti pembayaran.

Hari belanja online, ini 6 trik jitu dapat diskon besar di 11.11 merdeka

foto: pixabay.com

Besarnya antusias masyarakat akan pesta diskon 11.11 ini, nggak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dibanding dengan hari-hari biasa. Selalu simpan salinan pemesanan dan bukti transaksi yang dilakukan sampai kamu menerima barang yang telah dipesan. Ini akan melindungimu dari hal-hal yang tidak diinginkan jika ada masalah dengan proses pemesanan.