Brilio.net - Kehadiran momen Ramadan selalu dinantikan oleh umat muslim. Di Tanah Air, ini adalah momen suka cita dan berkumpul bareng keluarga dan teman. Namun, bagi sebagian orang, momen ini adalah waktunya berjuang karena pengeluaran untuk kebutuhan hari raya dan pokok meningkat.

Saat ini masyarakat Indonesia sendiri masih memiliki tingkat ketahanan finansial yang rendah. Menurut laporan Strategi Literasi Keuangan 2021-2025 yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 26,8% masyarakat Indonesia hanya mampu bertahan selama satu minggu hingga satu bulan tanpa meminjam uang atau pindah rumah jika mengalami kehilangan sumber pendapatan.

Sedangkan sebanyak 19,2% masyarakat Indonesia hanya mampu bertahan selama kurang dari satu minggu. Meskipun tabungan kurang, sebagian besar masyarakat masih berharap hidup dari tabungan di masa tua.

Melihat kondisi tersebut, Campaign.com berkolaborasi dengan Bank Jago untuk mengedukasi anak muda dalam pengelolaan keuangan. Communications Manager Campaign.com, Laras Sabila Putri mengatakan jika pihaknya ingin mendorong anak-anak muda agar melek akan pengaturan keuangan dengan mengadakan serangkaian kegiatan edukasi.

Bank Jago dan Campaign.com © Bank Jago

foto: Bank Jago

“Kami ingin mengajak anak-anak muda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, khususnya THR yang mereka dapat saat Ramadan melalui webinar yang menghadirkan certified financial planner. Selain itu ada kompetisi melalui Instagram untuk mengajak anak-anak muda berbagi cara mereka mengelola THR,” ungkap Laras melalui rilis yang diterima brilio.net, Kamis (14/4).

Berkolaborasi dengan Campaign.com, Bank Jago ingin membantu masyarakat Indonesia untuk mencapai mimpinya. Hal ini sesuai dengan aspirasi Bank Jago yang ingin meningkatkan kesempatan tumbuh bagi jutaan konsumen dan bisnis. Bank Jago memahami bahwa konsumen menginginkan kemudahan dalam mengelola keuangan dengan tujuan berbeda.

“Melakukan perencanaan keuangan yang baik dan memberikan skala prioritas terhadap berbagai kebutuhan harian, merupakan langkah awal dalam peningkatan kesehatan finansial. Berkomitmen untuk menyiapkan generasi yang cakap dalam merencanakan keuangan, kerja sama ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengelola keuangan lebih baik,“ ungkap Head of Sustainability Bank Jago Andy Djiwandono.

Tidak hanya itu, Bank Jago memiliki komitmen untuk selalu mengedepankan aspek hidup sebagai prioritas utama dan aspek keuangan sebagai pendukungnya. Maka Bank Jago menyediakan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari (life-centric finance solution) melalui aplikasi Jago.

Bank Jago memiliki komitmen untuk selalu mengedepankan aspek hidup sebagai prioritas utama dan aspek keuangan sebagai pendukungnya. Oleh karena itu, Bank Jago menyediakan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari (life-centric finance solution) melalui aplikasi Jago.

Aplikasi Jago bertujuan membuat pengelolaan uang lebih mudah, kolaboratif, dan inovatif. Salah satu fitur andalan aplikasi Jago adalah Kantong (Pockets) yang memungkinkan nasabah untuk mengalokasikan uang, tabungan, dan pengeluaran untuk tujuan berbeda-beda. Nasabah bisa membuat hingga 40 kantong yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangannya, termasuk memisahkan dana pribadi, keluarga, dan usaha. Menariknya, setiap kantong memiliki nomor rekening sendiri sehingga seperti memiliki 40 rekening bank dalam satu aplikasi.

Certified Securities Analyst Dani Rachmat mengatakan bahwa tunjangan hari raya (THR) biasanya membantu masyarakat untuk memperkuat kondisi keuangan. Namun, tetap penting bagi kita untuk menentukan skala prioritas dan menempatkan kebutuhan sebelum keinginan.

“Prioritaskan THR untuk melunasi utang konsumtif sebesar 30%, terutama yang berbunga mahal. Kemudian sisihkan untuk investasi sebanyak 20% dan memperkuat posisi keuangan. Setelah itu baru digunakan untuk belanja maupun kebutuhan lebaran sebesar 50%,” kata Dani.

Anak muda dapat memanfaatkan aplikasi Jago untuk mengatur keuangan dan THR. Agar dana tidak tercampur, dapat memanfaatkan fitur Kantong untuk membuat alokasi sesuai kebutuhan. Sementara fitur Rencanakan dapat digunakan untuk pembayaran utang secara otomatis.

Bank Jago dan Campaign.com © Bank Jago

foto: Bank Jago

Pada Ramadan kali ini Campaign.com dengan Bank Jago juga mengajak anak-anak muda untuk berdonasi melalui kampanye sosial #JagoBerbagi selama April-Mei 2022. Cukup mudah, dengan cara menyelesaikan tantangan sederhana di aplikasi Campaign #ForChange dengan mengunggah tiga foto yang berkaitan dengan pendidikan.

Setiap tantangan yang selesai akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp 50.000 oleh Bank Jago. Nantinya seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui organisasi nirlaba Happy Heart Indonesia untuk pembangunan sekolah di Nusa Tenggara Timur.

“Harapannya, dengan adanya kampanye sosial ini makin banyak anak muda yang tergerak untuk berpartisipasi membuat perubahan sosial,” sambung Laras.

Sementara bagi Bank Jago, kampanye #JagoBerbagi merupakan salah satu bentuk dukungan untuk pendidikan di Indonesia agar anak-anak dapat selangkah lebih jago untuk mencapai mimpinya.