Brilio.net - Mengelola keuangan dengan baik dan benar menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh kebanyakan orang. Salah langkah sedikit saja, bisa-bisa tabungan yang dimiliki akan habis dengan percuma.

Belajar keuangan bisa menjadi jalan untuk mengelola penghasilan dan pengeluaran dengan baik. Terlebih, anak milenial kini memasuki masa produktif dan dunia kerja.

TernakUang © TernakUang

foto: TernakUang

Belajar keuangan nantinya akan memberikan banyak keuntungan loh. Mulai dari memiliki catatan keuangan rutin, mengetahui posisi keuangan sendiri, hingga mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah keuangan nantinya.

Lalu bagaimana sih cara belajar keuangan yang mudah dilakukan dalam sehari-hari? Berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (11/4).

1. Hindari sifat belanja impulsif.

Siapa nih yang mudah tergiur saat melihat diskon? Atau tergoda saat melihat perbedaaan diskon barang di e-commerce A atau e-commerce B? Nah, sikap berbelanja secara impulsif lantaran melihat diskon ini tanpa disadari membuat seseorang boros.

Oleh sebab itu, salah satu cara belajar keuangan yang dapat dilakukan yakni dengan menghindari kebiasaan belanja secara impulsif. Saat berbelanja harus memperhatikan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan tidak akan menyita banyak dana pos pengeluaran.

2. Rajin mengevaluasi pengeluaran bulanan.

Cara belajar keuangan selanjutnya yakni dengan rajin mengevaluasi pengeluaran bulanan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu nantinya akan terbentuk pola kebiasaan baik untuk mengatur uang yang dimiliki.

3. Kontrol Diri.

Demi menghemat pengeluaran maka harus cerdas berbelanja. Seseorang harus dapat mengontrol dirinya saat hendak berbelanja, apakah barang tersebut benar-benar penting atau tidak.

TernakUang © TernakUang

foto: TernakUang

Mengontrol diri bisa diwujudkan dengan membuat rencana pengeluaran. Perhitungan matang ini harus dipatuhi agar bisa mengontrol diri. Rencana ini juga bisa jadi pijakan untuk belajar keuangan yang baik di masa depan.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit.

Berbelanja secara impulsif mudah dilakukan dengan adanya kartu kredit. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit.

TernakUang © TernakUang

foto: TernakUang

Jika menggunakan kartu kredit, pastikan tenggat pembayaran bisa tercapai dengan rencana keuangan yang ada. Pastikan untuk menghindari bunga atau denda jika telat pembayaran menggunakan kartu kredit.

5. Berkonsultasi dengan teman, pasangan atau keluarga.

Mengelola keuangan tak perlu dilakukan sendiri. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang terdekat seperti pasangan, keluarga, atau teman. Ini bisa jadi solusi ketika sudah kebingungan dalam mengatur keuangan.

Saran mereka bisa sangat berharga dalam menyusun rencana keuangan. Diskusi juga akan memberikan aneka inspirasi dalam mengatur isi dompet agar bisa lebih sehat daripada sebelumnya.

Belajar keuangan akan semakin mudah dengan memanfaatkan TernakUang loh. Platform yang fokus untuk generasi muda terutama kalangan milenial ini dapat menjadi solusi utama dalam mengubah kondisi personal finance dalam waktu yang cepat.

Tidak hanya belajar keuangan saja, di TernakUang ini juga dapat belajar berbagai hal menarik lainnya. Seperti belajar bisnis, NFT, saham, hingga Cryptocurrency.

(brl/lak)

(brl/lak)