Brilio.net - Demi mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing pelaku usaha UKM ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penyelenggaraan kegiatan Adira Finance, Festival Kreatif Lokal 2020. Selain untuk mendorong dan meningkatkan daya saing, Kemenparekraf juga berharap acara ini dapat memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Festival Kreatif Lokal dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), Kamis (27/8), menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dan pihak swasta. Kolaborasi ini dilakukan sebagai upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

"Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya khas di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Wishnutama.

Selain itu, Wishnutama juga mengatakan pada masa pandemi semua pihak dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga semua dituntut harus lebih giat dan kreatif dalam menciptakan peluang. Untuk itu, pemerintah mendukung produk lokal untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap produk lokal juga dilakukan dengan menggulirkan gerakan #BeliKreatifLokal. Dalam program ini Kemenparekraf memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM Bekraf yang di antaranya untuk masuk ke platform digital.

"Dengan transformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi, memperbaiki daya beli masyarakat, dan pada akhirnya mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi," jelas Wishnutama.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, Festival Kreatif Lokal adalah wujud kepedulian untuk membangun pelaku usaha UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi misi Adira Finance yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.

Festival yang masih termasuk dalam rangkaian kegiatan ulang tahun Adira Finance ke-30 ini meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui
inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya.

Sedangkan Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu kuliner, fashion, kriya, fotografi, video, dan pertunjukan.

Nantinya para pemenang berhak mendapatkan modal usaha dengan total ratusan juta rupiah. Bukan hanya itu, setiap pemenang juga akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online eksklusif di Bukalapak, serta paparan di media mengenai produk dan usaha mereka.

Nah, untuk para pelaku UKM kreatif yang tertarik bisa mendaftar sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Acara Kreatif Lokal Awarding Night tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti creative conference dari pembicara ternama, pakar di bidang industri kreatif dan pembicara internasional.

Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada bulan Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal bersama artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Nggak cukup sampai di situ, sebagai pendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat yang bertujuan menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual dengan topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran dan usaha online.

Bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pedagang serta ekosistem di pasar rakyat pada masa pandemi juga ditunjukkan Adira Finance dengan berkolaborasi dengan organisasi sosial Gerakan Pakai Masker. Wujudnya melaksanakan pemberian masker gratis serta penyuluhan penerapan hidup sehat dan bersih.

"Kami berharap rangkaian kegiatan di Festival Kreatif Lokal, menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif dan bersama tingkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga ke depannya, kami bisa menunjukkan semangat bersama untuk Indonesia bisa terus melaju. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi juga bagaimana kita dapat berkembang ke kancah internasional," tutur Hafid.