Brilio.net - Perkembangan teknologi banyak memberi dampak positif terhadap kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia perbankan yakni dengan munculnya mobile banking atau sering disebut m-banking.

Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah.

Aplikasi mobile banking bisa diunduh dengan mudah dan gratis melalui Play Store atau App Store. Berikut sembilan aplikasi mobile banking, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (19/3)

1. BCA Mobile.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi mobile banking dari bank BCA dinamakan BCA Mobile. Salah satu fitur unggulan dari BCA Mobile adalah tarik tunai ATM tanpa kartu debit.

Kamu juga bisa menghubungkan kartu kredit dengan BCA Mobile. Dengan begitu kamu bisa melakukan aktivasi kartu, aktivasi PIN dan blokir kartu kredit di aplikasi BCA Mobile tanpa harus datang ke bank.

2. Livin' by Mandiri.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Livin merupakan aplikasi mobile banking dari bank Mandiri. Pada aplikasi Livin' by Mandiri, tersedia beberapa fitur, salah satunya adalah fitur membuka rekening bank. Lalu ada fitur Instant Access yang memungkinkan pengguna untuk membayar, mentransfer, dan bahkan memeriksa saldo akun dan batas kartu kredit di layar pra-login.

3. BNI Mobile Banking.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Terlihat dari namanya, aplikasi ini adalah aplikasi mobile banking keluaran bank BNI. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melakukan transfer, isi pulsa, pembayaran, dan juga melihat isi saldo hanya dengan mudah dan cepat.

4. BRIMo.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Selanjutnya ada BRIMo yang merupakan aplikasi mobile banking dari bank BRI. Dalam aplikasi BRIMo, para nasabah bank BRI akan diberikan akses untuk melakukan transfer ke sesama rekening BRI ataupun ke rekening bank lainnya. Nggak hanya itu, BRI Mobile juga memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran seperti PLN, PDAM, Telkom, dan lain sebagainya.

5. BSI Mobile.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

BSI Mobile adalah aplikasi mobile banking milik bank BSI. Lewat mobile banking, bank yang terbentuk dari tiga bank syariah milik pemerintah seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah ini memberikan beragam layanan perbankan yang bisa diakses nasabah dengan mudah.

Ada banyak fitur yang ditawarkan dalam BSI Mobile. Di antaranya adalah info rekening (informasi saldo, mutasi, dan informasi portofolio), transfer (pindah buku, online, SKN, QRIS), pembayaran (PLN, telepon/HP, akademik, institusi, tiket, asuransi, zakat/infaq, BPJS, MPN, PDAM, Internet/TV Kabel, dan E-commerce), dan lain sebagainya.

6. Jenius.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Jenius adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh Bank BTPN yang menawarkan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah memberikan pelayanan untuk pembukaan rekening bank, hanya melalui registrasi via smartphone. Selain itu, Jenius juga mengeluarkan kartu debit virtual atau e-Card, yang berguna untuk melakukan transaksi e-commerce atau online lainnya.

Fitur lain yang juga menjadi kelebihan dari aplikasi ini, yaitu dapat menawarkan pinjaman dana tunai cicilan online tanpa jaminan. Fasilitas tersebut bernama Jenius Flexi Cash, yang bisa digunakan untuk kebutuhan dana cepat dan dana talangan.

7. PermataMobile X.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

PermataMobile X merupakan aplikasi mobile banking milik bank Permata. Aplikasi perbankan ini mempunyai banyak fitur inovatif, salah satunya adalah intip saldo tanpa login. Sehingga kamu tidak perlu masuk ke rekening hanya sekedar untuk melihat jumlah saldo terkini.

Dengan menggunakan PermataMobile X pada saat transaksi online kamu juga berpotensi mendapatkan banyak cashback menarik, cashback yang berlimpah ini adalah keunggulan utama dari aplikasi PermataMobile X dari Bank Permata ini.

8. Octo Mobile.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Octo Mobile merupakan aplikasi mobile banking dari bank CIMB Niaga. OCTO Mobile menghadirkan fitur dan kelebihan yang tak kalah unggul dibandingkan layanan digital banking lainnya. Seperti pembukaan rekening CIMB Niaga secara full online, sistem keamanan berlapis karena menggunakan face ID dan sidik jari, transfer ke dalam maupun luar negeri, top up produk digital dan lain sebagainya.

9. D-Bank.

Aplikasi mobile banking © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

D-Bank merupakan aplikasi mobile banking milik bank Danamon. Dalam aplikasinya, D-Bank dilengkapi beberapa fitur seperti melakukan transfer, pembayaran, pembelian pulsa, pengecekan saldo, dan fitur-fitur lainnya yang dapat diakses secara mudah oleh para nasabah Bank Danamon.