Brilio.net - Setelah seharian menghabiskan waktu di luar rumah untuk mengerjakan sesuatu seperti bekerja, kuliah, dan sebagainya, seseorang tentu akan merasa jenuh dan ingin beristirahat di waktu senggangnya. Biasanya, ketika waktu senggang, seseorang akan mengisi waktunya dengan melakukan hobi atau kegemarannya.

Salah satu hobi yang mudah, bahkan bisa dilakukan sambil bermalas-malasan yakni membaca dan menulis. Nggak melulu harus menyediakan pensil dan buku, saat ini sudah banyak aplikasi yang memberikan fitur pada penggunanya untuk membaca dan menulis. Salah satunya yakni aplikasi Wattpad.

Wattpad telah menjadi platform yang memungkinkan para penggunanya untuk membaca atau mengirim karya tulisan mereka dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi dan lainnya. Ribuan judul cerita Wattpad dari mulai kisah senang hingga sedih terpublikasi di platform tersebut dan laris dibaca. Tak jarang, cerita-cerita yang ada di Wattpad dilirik oleh para sineas untuk diangkat ke dalam sebuah film dan menghasilkan untung bagi sang penulis cerita.

Meskipun tidak semua cerita di Wattpad dapat dimonetisasi dengan mudah, tapi dengan meraih banyak pembaca dan feedback positif, sudah banyak penulis dari Wattpad yang dilirik agen penerbitan atau para sineas. Bagi kamu yang hobi menulis, tidak ada salahnya untuk mulai memanfaatkan keberadaan Wattpad. Ini bisa menjadi langkah awal untuk mempopulerkan karyamu. Siapa tahu tulisanmu menarik perhatian dan dapat menggaet pundi-pundi penghasilan.

Penasaran bagaimana cara agar akun Wattpad bisa menghasilkan uang? Berikut tujuh cara mendapatkan uang dari Wattpad, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/12).

1. Lakukan riset.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum menulis sebuah cerita, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini untuk mengetahui siapa sasaran pembaca dari cerita yang akan kamu buat. Mengingat setiap pembaca memiliki ketertarikan terhadap konten yang berbeda, kamu harus menentukan terlebih dahulu tipe pembaca seperti apa yang akan menjadi targetmu. Dari mulai remaja, dewasa, jenis kelamin, hingga isu sosial yang dihadapi oleh mereka. Dari hasil riset yang kamu lakukan, kamu bisa berpeluang besar mendapatkan perhatian yang tinggi dari pembaca.

2. Konsisten.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk mencapai suatu target, diperlukan sesuatu yang konsisten dalam pengerjaannya. Supaya cerita Wattpad yang kamu tulis bisa menghasilkan uang, konsistenlah dalam menulis. Misalnya, untuk satu judul novel, kamu bisa menulis satu bab per hari atau dua kali dalam sepekan. Nggak hanya asal tulis, kamu juga harus menentukan gaya penulisan dan tata bahasa dalam cerita yang sedang kamu ciptakan.

3. Pasang cover yang menarik.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain judul, cover sebuah novel juga menjadi hal pertama yang dilirik oleh pembaca. Untuk mendesain cover sebuah novel, kamu bisa memanfaatkan situs desain yang tersedia di internet seperti Canva atau kamu juga bisa membuatnya sendiri melalui CorelDraw dan Photoshop.

Jika kamu mengambil gambar sendiri dan mendesain secara mandiri, cover milikmu akan berbeda dari yang lain yang dibuat melalui template dan stok foto.

4. Share di media sosial.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tidak semua orang mengetahui bahwa kamu menulis di Wattpad. Dan tidak semua orang telah mengunduh Wattpad. Jadi, membagikan karya ke media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram akan membuatmu menjangkau lebih banyak audiens.

5. Tulis wattpad dengan Paid Stories.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: play.google.com

Wattpad merupakan salah satu aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, yaitu melalui fitur Paid Story. Untuk mencoba cara menghasilkan uang dari Wattpad yang satu ini, kamu sudah harus memiliki pembaca yang cukup banyak disertai kualitas tulisan yang bagus sehingga banyak pembaca yang tertarik dengan ceritamu.

6. Pakai fitur Wattpad Books.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Wattpad Books membantu penerbit terhubung dengan penulis dan mempromosikan karya ke audiens yang lebih luas. Jika ingin dilirik tim editorial Wattpad Books, teruslah menulis. Dengan meningkatnya jumlah pembaca, semakin besar pula peluang untuk dilirik tim editorial.

7. Patreon.

Cara mendapatkan uang dari Wattpad © 2021 brilio.net

foto: patreon.com

Supaya kamu bisa mendapatkan uang dari Wattpad, kamu bisa memanfaatkan Patreon. Patreon adalah platform crowdfunding yang memungkinkan penggemar (atau pelanggan) membayar dan mendukung artis untuk pekerjaan mereka. Patreon telah menjadi pilihan utama bagi banyak content creator di berbagai platform daring untuk mendapat uang dari penggemar karya-karya mereka.

Bukan hanya musisi dan YouTuber saja yang bisa menggunakan Patreon, sebagai penulis kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan uang di Wattpad.

Nantinya, pembaca akan mendapatkan konten tanpa batas dengan membayar langganan bulanan. Cara menggunakan patreon di Wattpad sangatlah mudah karena bisa kamu atur sesuai keinginanmu. Bisa saja kamu memberi episode spesial yang hanya dirilis di Patreon atau memberi kesempatan pembaca untuk mengintip episode baru sebelum rilis untuk membuat pembaca Wattpad jadi tertarik.

*

INFOGRAFIS CARA MENDAPATKAN UANG DARI WATTPAD © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS CARA MENDAPATKAN UANG DARI WATTPAD
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan