Brilio.net - Ketika waktu luang, seseorang biasanya menggunakan waktunya untuk bersantai sambil melakukan hobi. Salah satu hobi yang bisa dilakukan di waktu luang yakni membaca.

Di era modern ini, membaca tak harus dari buku seperti novel dan sebagainya. Dengan bantuan smartphone, kamu juga sudah bisa menyalurkan hobi tersebut dengan menginstal aplikasi baca novel. Dalam aplikasi tersebut tersedia beragam novel atau bacaan cerita dengan berbagai genre yang bisa kamu pilih.

Namun ternyata, nggak hanya menyediakan bacaan yang menyenangkan saja, beberapa aplikasi novel ini juga memberikan hadiah seperti uang, voucher pulsa dan lain sebagainya untuk pengguna yang rajin membaca novel dari aplikasi tersebut.

Penasaran aplikasi apa saja yang dimaksud? Berikut 7 aplikasi novel penghasil uang, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (2/2)

1. GoNovel.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: igonovel.com

GoNovel adalah aplikasi penghasil saldo DANA yang mengharuskan kamu untuk membaca berbagai novel yang ada di dalamnya. Tentu saja aplikasi ini juga direkomendasikan untuk kamu miliki. Ada banyak sekali pengguna GoNovel di Indonesia saat ini. Jumlahnya bahkan sudah mencapai 1 juta lebih.

Ketika menggunakan aplikasi ini, kamu akan diberikan tugas untuk membaca judul novel tertentu dan melakukan review singkat. Setelah tugas selesai, kamu akan mendapatkan komisi yang bisa dicairkan melalui aplikasi DANA.

2. Novelah.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Novelah merupakan aplikasi untuk baca novel yang menyediakan novel dengan genre yang beragam, namun dapat digunakan juga sebagai aplikasi penghasil uang. Aplikasi ini telah terbukti dapat menghasilkan uang dari poin-poin yang dapat ditukar dengan uang. Uang yang dikonversi tersebut nantinya bisa dikirim menggunakan GoPay, DANA, OVO, maupun transfer bank.

Cara mendapatkan saldo, kamu cukup mengundang teman untuk mengunduh aplikasi ini. Nantinya, kamu akan mendapatkan bonus yang bisa ditukar menjadi uang di DANA dan lain sebagainya.

3. Noveltoon.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: facebook/Noveltoon

Untuk mendapatkan uang dari Noveltoon, kamu bisa mendapatkan bonus poin serta bingkai avatar. Poin di aplikasi Noveltoon ini digunakan untuk membuka cerita-cerita premium.

Selain memberikan hadiah untuk pembaca, Noveltoon juga memberikan uang untuk penulis. Penulis akan memperoleh pendapatan minimum jika telah mencapai level 8-10 dan karya tersebut merupakan karya ongoing atau belum tamat.

4. Baca Plus.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Baca Plus menyediakan bayaran bagi siapapun yang membaca konten dengan menggunakan aplikasi mereka. Di dalam aplikasi Baca Plus sendiri terdapat ribuan konten yang bisa diakses secara gratis. Jadi kamu akan mendapatkan poin setiap kali selesai membaca konten tersebut. Artikel yang dibaca juga cukup variatif, ada yang panjang, ada juga yang pendek.

Poin ini akan diakumulasikan ke dalam akun Kamu dan bisa dicairkan ke berbagai jenis E-Wallet yang ada saat ini. Selain membaca, kamu juga harus menyelesaikan berbagai misi yang disediakan oleh pengembang. Setiap kali misi diselesaikan, tentu saja ada komisi tambahan yang akan didapat.

5. Finovel.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Untuk mendapatkan uang dari Finovel, kamu harus mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang. Cara mendapatkan poin tersebut, kamu bisa rajin membaca, mengundang teman, check-in harian, game, dan misi lainnya yang seru untuk dilakukan.

Kamu akan memperoleh poin 16.000 poin dari teman yang berhasil bergabung di Finovel dan tambahan 8.000 poin jika menggunakan kode referral. Setelah kamu berhasil mengumpulkan banyak poin, kamu bisa melakukan withdraw untuk menukarkan poin tersebut dengan uang.

Caranya cukup mudah, buka aplikasi dan pilih tombol Saya. Selanjutnya, pilih tombol Menebus. Dari pilihan tersebut, kamu dapat memilih nominal yang ingin ditarik. Perlu diketahui, jika kamu akan menarik uang sebesar 5 dolar, kamu harus memiliki poin minimal 250 ribu poin. Sementara itu, untuk menarik 10 dolar dan 30 dolar, kamu perlu memiliki poin 500 ribu dan 1,5 juta poin. Untuk penarikan uang dari aplikasi Finovel, pastikan kamu telah memiliki akun Paypal ya!

6. NovelMe.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: novelme.com

Selanjutnya ada aplikasi NovelMe. Di awal peluncuran, aplikasi NovelMe ini gratis, namun sejak Juli 2019 pihak NovelMe mulai mengunci novel-novel favorit.

Pembaca perlu membeli koin supaya bisa membaca bab novel yang berbayar. Sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, NovelMe juga memberikan bayaran untuk penulis yang mengunggah karyanya lewat aplikasi tersebut.

7. Joylada.

Aplikasi novel penghasil uang © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Untuk memperoleh uang dari Joylada, kamu tinggal mendownload aplikasi di Play Store maupun App Store. Setelah berhasil terdownload, buatlah akun. Ikuti semua petunjuk pembuatan akun, isi semua data yang diperlukan, dan kamu sudah bisa membaca novel ataupun membuat cerita di aplikasi tersebut dan mendapatkan uang.