Brilio.net - Di era modern saat ini, teknologi menjadi salah satu media paling efektif untuk menunjang segala aktivitas manusia. Segala hal yang sekiranya dibutuhkan, bisa dengan mudah didapatkan dengan perantara handphone pintar atau smartphone.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk mencari hiburan bahkan uang. Berbekal smartphone, seseorang bisa mendapatkan uang dengan menjual hasil karyanya. Salah satunya dengan format video.

Saat ini video menjadi konten yang paling sering dicari untuk menghibur seseorang saat senggang dan bosan. Tetapi sebenarnya semua orang juga bisa loh menjadi pembuat video dan bukan hanya penikmat, termasuk kamu. Sehingga kamu bisa ikut menghibur siapa saja yang menonton video yang telah kamu buat tersebut.

Selain menghibur seseorang, kamu juga bisa mendapatkan uang dari video tersebut. Mau tau bagaimana caranya? Yuk simak 5 cara mendapatkan uang melalui video, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Cari referensi.

Cara mendapatkan uang melalui video © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam membuat video tentu membutuhkan referensi, misalnya seperti cara mengambil gambar yang bagus, atau susut pandang yang beda dengan pembuat video lain.

Kalau kamu sudah mendapatkan referensi itu, bukannya untuk dicontek, tetapi kamu bisa membuatnya dengan gaya kamu sendiri atau dimodifikasi menjadi lebih menarik. Kamu bisa mencari referensi tersebut di YouTube, atau media sosial yang digunakan untuk berbagi video seperti TikTok.

2. Buat ciri khas video.

Cara mendapatkan uang melalui video © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Referensi yang sudah kamu dapatkan tadi bisa kamu kembangkan lalu kita olah lagi menjadi suatu video yang kamu banget, yang menjadi identitas kamu sendiri ketika membuat suatu konten video.

3. Lihat tren.

Cara mendapatkan uang melalui video © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Terkadang ketika membuat video, seseorang sering kebingungan harus membuat apa. Kamu bisa saja melihat hal-hal apa yang sedang tren saat ini. Dari tren itu bisa kamu jadikan bahan untuk membuat suatu video. Dengan tren dan identitas kamu dalam membuat video, kamu bisa memadupadankannya dan membuat satu karya video yang lebih menarik. Misalnya, trend video challenge menari, video motivasi, dan lain sebagainya.

4. Buat video dengan alat mumpuni.

Cara mendapatkan uang melalui video © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Alat yang mumpuni disini, bukan berarti kamu harus merekam video dengan kamera atau smartphone yang mahal untuk mendapatkan hasil video yang jernih. Minimal, kamu merekam video dengan smartphone yang kondisinya masih baik. Perhatikan kebersihan lensa kameranya, dengan cara rutin mengelap agar tidak kotor. Lensa yang kotor ini tentu akan mempengaruhi kualitas video. Video bisa saja jadi buram atau lensa sulit fokus pada objek tertentu.

5. Editing dan unggah di media sosial.

Cara mendapatkan uang melalui video © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah video berhasil di rekam, kamu perlu melewati proses editing agar video menjadi lebih menarik. Kamu bisa menambahkan filter, mengatur kecerahan, menambahkan tulisan dan lain sebagainya. Setelah proses editing selesai, kamu bisa mengunggahnya ke media sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram dan lain sebagainya.

Nah, untuk mendapatkan uang, kamu harus konsisten mengunggah video menarik sampai banyak orang yang tertarik dengan konten yang kamu buat. Dari sini lah, kamu mulai mendapatkan tawaran endorse, atau mendapatkan uang dari banyaknya orang yang melihat dan like video kamu.

(brl/far)