Brilio.net - Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program jaminan kesehatan KIS ini diselenggarakan untuk orang yang kurang mampu dan diberikan langsung oleh pemerintah.

KIS menjadi sangat penting karena dapat mengantisipasi jika sesuatu hal yang buruk menimpa, seperti sakit yang membutuhkan dana besar. Saat ini pemerintah juga sudah banyak menyediakan jaminan kesehatan, salah satunya Kartu Indonesia Sehat (KIS). Jaminan kesehatan KIS hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki ekonomi lemah. Pemakaian KIS juga dapat dilakukan di mana saja, baik klinik, puskesmas, dan rumah sakit.

Meski biasanya setiap anggota yang diberikan KIS sudah terdaftar langsung, terkadang beberapa anggota yang memiliki KIS masih bingung apakah kartu KIS mereka masih aktif atau tidak. Bisa jadi karena sudah lama nggak digunakan yang justru mengundang tanya.

Nah, daripada kamu bingung, inilah cara cek KIS aktif atau tidak yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (17/2).

1. Cara cek KIS melalui Call Center.

Cara cek KIS aktif atau tidak  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika kamu merasa lama tak menggunakan KIS dan bingung apakah masih aktif atau tidak, kamu bisa menghubungi lewat call center BPJS. Cara ini terbilang mudah karena bisa dilakukan di mana saja hanya dengan menggunakan ponsel, dengan catatan nggak bebas pulsa, ya. Nah, berikut langkah-langkah yang perlu kamu ketahui.

a. Buka menu telepon di ponsel kamu.

b. Ketik nomor "1500400", dan klik "Call".

c. Tunggulah pihak CS BPJS Kesehatan mengangkat, dan kamu bisa jelaskan permasalahanmu.

2. Cara cek melalui aplikasi Mobile JKN.

Cara cek KIS aktif atau tidak  © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@bpjskesehatan_ri

Untuk mengecek Kartu Indonesia Sehat masih aktif atau tidak juga bisa dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Perlu diperhatikan, sebelumnya kamu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN lewat Play Store atau App Store. Setelah itu, kamu bisa ikuti panduan cek KIS aktif atau tidak seperti berikut ini.

a. Buka aplikasi Mobile JKN.

b. Kemudian login dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau email, password, dan captcha.

c. Selanjutnya, kamu klik "Peserta".

d. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan secara detail apakah kartu kamu masih aktif atau tidak.

3. Cara cek Melalui SMS.

Cara cek KIS aktif atau tidak  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara selanjutnya melalui SMS Gateway. Cara ini juga tergolong mudah dan praktis karena bisa kamu lakukan di mana saja. Namun, perlu diperhatikan jika kamu cek melalui SMS Gateway tentunya nggak bebas pulsa. Cara yang perlu diperhatikan yaitu ketik NOKA(spasi)Nomor KARTU INDONESIA SEHAT kemudian kirim ke nomor 087775500400.

4. Cara cek dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

Cara cek KIS aktif atau tidak  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan tentunya semua permasalahan kamu akan dijawab secara detail oleh petugas. Kamu dapat menanyakan apakah kartu KIS yang kamu miliki masih aktif atau tidak. Apabila nantinya diminta untuk registrasi ulang, maka kamu harus melakukan pembaruan data NIK melalui Dukcapil.

(brl/red)

(brl/red)