Brilio.net - Sudah menjadi hal lazim jika jajaran petinggi suatu perusahaan seperti CEO, Direktur, atau Owner mendapatkan gaji yang tinggi. Apalagi jika perusahaan tersebut sekelas Google, Apple, atau Facebook. Namun faktanya, para pemimpin perusahaan raksasa tersebut justru mendapatkan gaji yang sangat rendah.

Bahkan, ada sejumlah CEO yang menganggap gaji hanyalah sebagai formalitas belaka dengan nominal yang kecil. Siapa sajakah mereka? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/5), berikut deretan pimpinan perusahaan raksasa dunia dengan gaji paling rendah.

1. Jeremy Stoppelman, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: upload.wikimedia.org

CEO Yelp Jeremy Stoppelman mendapatkan gaji paling rendah dibandingkan para karyawan di perusahaan yang ia pimpin. Jeremy menurunkan gajinya berturut-turut dalam beberapa tahun belakang, yaitu USD 300 ribu atau lebih dari Rp 4 miliar (2012), USD 37 ribu atau sekitar Rp 503 juta (2013), lalu USD 1 atau sekitar Rp 13.600 (2014).

BACA JUGA: 12 Meme 'beda pacaran dan jomblo' ini bikin jombloers makin ngenes

2. Elon Musk, sekitar Rp 503 juta per tahun.

foto: static4.businessinsider.com

Elon Musk dijuluki Tony Stark dalam dunia nyata berkat inovasi dan kemajuan perusahaan yang ia pimpin, Tesla Motors. Meski begitu, Musk tercatat sebagai salah satu CEO dengan gaji paling rendah, yaitu USD 37 ribu per tahun atau sekitar Rp 503 juta. Ia juga menolak bonus serta hadiah dari perusahaan.

3. Steve Jobs, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: pmcdeadline2.files.wordpress.com

Mendiang Steve Jobs memang tidak bisa dipungkiri punya andil besar terhadap kemajuan teknologi zaman sekarang. Ia juga menjadi penggagas tren gaji formalitas USD 1 (sekitar Rp 13.600) di kalangan CEO dunia.

4. Larry Ellison, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: upload.wikimedia.org

Ellison menjabat sebagai pimpinan eksekutif dan direktur teknologi Oracle Corporation. Meski ia dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Ellison nyatanya hanya mendapatkan gaji per tahun USD 1 per tahun (sekitar Rp 13.600) dari perusahaan yang ia pimpin. Tapi kenapa ia bisa jadi orang terkaya? Soalnya, saham mayoritas Oracle Corporation ternyata milik Ellison.

5. Richard Hayne, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: spthumbnails.5min.com

Richard Hayne adalah presiden dan CEO dari perusahaan terkenal Urban Outfitters. Pada tahun 2009, ia meminta gajinya diturunkan menjadi USD 1 per tahun (sekitar Rp 13.600). Sebagian besar dari kekayaannya sebenarnya berasal dari bonus kinerja.

6. Steven Kean, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: media.bizj.us

Kinder adalah salah satu dari sedikit perusahaan papan atas yang mempertahankan tradisi unik menggaji CEO-nya USD 1. Ketika Steven Kean menduduki posisi CEO, dia juga menerima dan mendukung tradisi tersebut.

Bahkan ada yang gajinya nol, siapa? Dan bagaimana gaji Mark Zuckerberg? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman

7. Richard Fairbank, USD 0 per tahun.

foto: media.bizj.us

Kalau kamu pecinta Liga Inggris, kamu pasti pernah mendengar perusahaan bernama Capital One, iya nggak? Nah, founder sekaligus CEO perusahaan ini ternyata tidak digaji sepeser pun selama hampir 20 tahun. Pendapatan Fairbank justru berasal dari sahamnya.

8. Mark Zuckerberg, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: upload.wikimedia.org

Mark Zuckerberg memang dikenal sebagai sosok CEO yang sederhana. Menariknya, meski karyawan Facebook rata-rata digaji tinggi, Mark sendiri hanya menerima gaji tahunan sebesar USD 1 (sekitar Rp 13.600).

9. Jack Dorsey, USD 0 per tahun.

foto: wired.com

Jika Mark Zuckerberg memutuskan menerima gaji sebagai formalitas belaka, lain halnya dengan CEO Twitter Jack Dorsey. Ia bahkan memutuskan tidak mau menerima gaji sepeser pun dari perusahaan yang ia pimpin tersebut.

10. Larry Page dan Sergey Brin, sekitar Rp 13.600 per tahun.

foto: static4.businessinsider.com

Siapa sih yang nggak tahu Google? Perusahaan ini menjadi salah satu raksasa teknologi terbesar di dunia. Kendati demikian, duo foundernya, Larry Page dan Sergey Brin menolak nominal gaji pasaran mereka dan cuma mau menerima gaji USD 1 per tahun (sekitar Rp 13.600).