Brilio.net - Tsunami di sekitar Selat Sunda terjadi Sabtu (22/12) sekitar pukul 21.27 WIB. Sebelumnya di sekitar Pantai Anyer juga terjadi hujan dan angin kencang. Penyebab tsunami yang juga disebut tsunami Anyer atau tsunami Banten ini dikaitkan dengan aktivitas Anak Gunung Krakatau.

Korban tsunami di Selat Sunda semakin bertambah. Laporan dari Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter @Sutopo_PN, jumlah korban dan kerusakan akibat tsunami di Selat Sunda per 23/12/2018 pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang. Kerusakan fisik antara lain 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 warung kuliner rusak, dan 350 kapal-perahu rusak.

Tak hanya menjadi pembicaraan di dalam negeri, bencana tsunami Anyer atau tsunami Banten ini juga menyita perhatian dunia. Beberapa atlet dunia juga ikut menyampaikan rasa belasungkawanya terhadap kejadian bencana ini dan untuk korban.

Berikut deretan ucapan belasungkawa dari para atlet dunia terkait tragedi tsunami di Selat Sunda, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (24/12).

1. Dani Pedrosa.

Loading...

5 atlet dunia  instagram -foto: Instagram/@26_danipedrosa

Pembalap motogp Dani Pedrosa mengirim pesan belasungkawa kepada rakyat Indonesia yang sedang terkena bencana tsunami. Dani juga memberikan support kepada masyarakat terhadap dampak dari bencana tsunami.

5 atlet dunia  twitter

"Sad news. #IndonesiaTsunami All my support to all the people affected for the tsunami," tulis Dani Pedrosa lewat akun Twitter miliknya.

2. Jorge Lorenzo.

5 atlet dunia  instagram -foto: Instagram/@jorgelorenzo99

Pembalap motogp Jorge Lorenzo mengucapkan belasungkawa kepada Indonesia. Jorge juga mendoakan rakyat Indonesia agar kuat menghadapi musibah tsunami yang terjadi di Banten.

5 atlet dunia  twitter

"Semua belasungkawa saya untuk Indonesia. Jadilah kuat. #IndonesiaTsunami," cuit Jorge Lorenzo.

3. Mesut Özil.

5 atlet dunia  twitter-foto: Twitter/@MesutOzil1088

Pemain bola asal Arsenal ini turut mengucapkan bela sungkawa kepada kabar buruk tsunami dari Indonesia. Özil berharap keluarga dari korban bencana tsunami dikuatkan. Dia pun juga mendoakan bagi korban yang terluka, semoga lekas pulih dan sehat kembali.

4. Marc Márquez.

5 atlet dunia  twitter-foto: Twitter/@marcmarquez93

Pembalap motogp gp Marc Márquez memberikan ucapan belasungkawa kepada Indonesia. Marc Márquez juga memberikan dukungannya kepada masyarakat Indonesia agar tetap kuat dan semoga bisa terus semangat.

5. Valentin Grimoux.

5 atlet dunia  twitter-foto: Twitter/@vaval53

Pembalap Yamaha ini mengucapkan belasungkawa kepada Indonesia. Khususnya kepada rekannya pembalap yang berasal dari Indonesia, Galang Hendra.