Brilio.net - Kamu para pecinta olahraga bersepeda pasti sudah nggak asing dengan event internasional Tour de France yang sudah mendunia kan. Nah event serupa juga bakal digelar di Indonesia lho, Tour de Singkarak yang bakal diadakan pada 6-14 Agustus mendatang. Start akan dimulai dari Solok hingga Kota Padang dengan delapan etape menempuh jarak 1102,7 km. Para peserta bakal menelusuri berbagai objek wisata alam Minangkabau.

Tapi, sebelum itu bakal ada ajang pemanasan yang akan digelar pada 30 Juli yakni Tour de Jakarta (TdJ) yang akan menelusuri sepanjang ruas jalan MH Thamrin dan Sudirman. Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Raseno Arya mengatakan, kegiatan sport tourism yang pertama kali diselenggarakan Kemenpar dan Ikatan Penggiat Olahraga Sepeda Jakarta (IPSJ) ini, merupakan sarana promosi efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dampak langsung TdJ 2016 yang akan diikuti 19 tim, dengan 190 peserta dan official, akan menghasilkan pendapatan untuk akomodasi, transportasi dan makanan yang cukup besar, ditambah pemberitaan yang luas dari kalangan media,” papar Raseno kepada brilio.net di Jakarta.

Raseno juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, pihaknya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta aman. Beberapa objek wisata di Jakarta juga akan diperkenalkan kepada wisatawan seperti Bundaran Hotel Indonesia, Monumen Nasional (Monas), hingga wisata belanja di Grand Indonesia dan sekitarnya. “Tidak hanya itu, kita juga akan memberikan penampilan dari kesenian makanan khas Betawi,” tambahnya.

Mengambil start dari depan Gedung Bank Indonesia, para pembalap selanjutnya akan menyusuri jalan MH Thamrin, menuju jalan Jenderal Sudirman, dan finish di depan Gedung BI. Total jarak yang harus ditempuh mencapai 175,5 km yang terbagi dalam 13 putaran. TdJ 2016 akan diikuti 13 tim dalam negeri dan 5 tim dari negara lain yakni Taiwan, Filipina, Laos, Malaysia, dan Singapura.

Loading...