Brilio.net - Nama Anambas memang belum seterkenal Raja Ampat sebagai destinasi wisata di Indonesia. Padahal Kepulauan Anambas menawarkan pesona keindahan yang tak kalah dengan yang ada di Raja Ampat. Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Berlokasi di Laut China Selatan, Anambas menawarkan banyak sekali pesona alam yang masih perawan. Dari 238 pulau yang ada, hanya sekitar 26 pulau yang berpenghuni.

Saking indahnya potensi yang ada, CNN bahkan menobatkan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Tak heran jika banyak yang menyebut keindahannya sebanding dengan Raja Ampat, bahkan Maladewa.

Nah, buat referensi kamu, berikut brilio.net suguhkan destinasi wisata di Anambas yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Terempa.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: instagram.com/wisata_anambas

Terempa merupakan salah satu destinasi unggulan di Anambas. Terempa disebut-sebut sebagai daerah dengan biaya hidup termahal, hal itu karena tempatnya yang terisolir. Tapi di balik mahalnya biaya hidup, Terempa menyuguhkan keindahan pemandangan yang luar biasa.


2. Penjalin Island.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: maringetrip.com

Pulau Penjalin adalah salah satu pulau terindah di Kepulauan Anambas. Pulau Penjalin yang terletak di Kecamatan Palmatak ini memiliki pemandangan indah. Puluhan pulau kecil dan pantai berpasir putih dapat kamu nikmati. Kamu juga bisa berjemur di pantai, berenang, snorkeling, atau sekadar bersampan untuk menikmati keindahan lautnya.


3. Pulau Bawah.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: tripadvisor.com

Selain Pulau Penjalin, Pulau Bawah juga menawarkan pemandangan yang sangat menawan. Pulau Bawah memanjakan wisatawan dengan kesunyian dan alam yang asri. Saking menariknya, pulau ini menjadi salah satu incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara jika berkunjung ke Anambas.


4. Pulau Durai.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: biosfirindonesia.org

Anamabas tak hanya menawarkan pemandangan laut yang biasa. Pulau Durai merupakan tempat yang banyak ditinggali penyu untuk bertelur. Saat momen menetas tiba, maka kamu akan melihat banyak penyu kecil merayap untuk bisa sampai ke tepi pantai. Lucu deh!


5. Arung Hijau.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: instagram.com/wisata_anambas

Hampir semua tempat di Anambas akan memberikan pemandangan bawah laut yang mempesona. Salah satu rekomendasi untuk menikmati keindahan bawah laut adalah Arung Hijau. Tempat ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Terempa.

6. Tanjung Momong.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: instagram.com/marhabandi94

Di antara banyak pantai di Tarempa, pantai Tanjung Momong menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan. Pantai ini menyuguhkan pasir putih sepanjang satu kilometer. Panoramanya sangat indah, perpaduan antara air laut yang jernih, terumbu karang masih terjaga, dan pasir putih yang memukau. Pemandangan sunset di pantai ini dijamin bikin kamu terpukau.


7. Air Terjun Temburun.

denstinasi wisata anambas © 2016 brilio.net foto: idtempatwisata.com

Selain banyak pantai yang memukau, ternyata Anambas juga mempunyai air terjun yang sangat menarik. Air terjun ini terletak di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan, misalnya. Bisa dibilang objek wisata ini masih terpendam dan belum dikemas sebagai wisata yang menjanjikan.

Selain tujuh tempat wisata itu, masih banyak sekali wisata Anambas yang sangat memukau. Hampir semua pulau yang ada di Anambas mempunyai keindahan tersendiri. Meski begitu, akses untuk bisa sampai ke Kepulauan Anambas bisa dibilang masih cukup sulit.