Brilio.net - Sektor pariwisata adalah salah satu unggulan dalam pemasukan sebuah negara. Nggak heran setiap tahunnya, sebuah negara pasti menganggarkan dana untuk mempromosikan pariwisatanya. Tujuannya tentu menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan pariwisata yang ditawarkan. Dari situlah negara mendapat penghasilan yang bisa dikatakan lumayan besar.

Organisasi Pariwasata Dunia (UNWTO), bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggung jawab terhadap pariwisata yang berkelanjutan dan dapat diakses secara umum, akhir tahun 2015, merilis hasil penelitian terbaru tentang negara-negara yang paling banyak di kunjungi oleh turis.

Kira-kira Indonesia masuk nggak ya? Kalau masuk urutan nomor berapa ya? Kalau kamu penasaran cek daftarnya yang brilio.net lansir dari boredbug:

1. Prancis.

Negeri asal Napoleon Bonaparte ini memang dikenal sebagai negara dengan suasana yang romantis. Menara Eiffel juga menjadi salah satu ikon romantisnya negeri ini. Nggak heran sebanyak 83,7 juta turis berkunjung ke sana.

2. Amerika Serikat.

Amerika Serikat adalah negara yang besar dengan banyak sekali daya tarik wisata seperti Air Terjun Niagara, Patung Liberty dan kota judi Las Vegas. Negeri Paman Sam ini dikunjungi 69,9 juta turis.

3. Spanyol.

Selain, Kota Paris di Prancis, Barcelona di Spanyol juga menjadi salah satu kota yang dianggap indah dan romantis. Selain itu di Spanyol juga terdapat Kota Cordoba dan Sevilla yang penuh peninggalan masa lampau yang memukau.

Belum lagi penggemar klub Real Madrid dan Barcelona dari seluruh dunia yang ingin berkunjung ke markas klub idolanya. Nggak heran 64,9 juta turis datang kesana.

4. China.

Negara terbesar di dunia itu juga punya sekali daya tarik wisata mulai dari bangunan hingga peninggalan budaya mereka yang luar biasa. Pariwisata mereka berhasil menarik 55,6 juta turis

5. Italia.

Italia adalah negara yang punya peninggalan masa lalu yang sangat kaya. Kota-kota yang cantik seperti Venezia hingga kota mode Milan berhasil menggaet 48,5 juta turis.

6. Turki.

Turki yang merupakan perbatasan antara Asia dan Eropa juga punya peninggalan budaya yang keren seperti istana dan bangunan peninggalan Kesultanan Turki. Belum lagi pemandangan di selat Bosphorus yang memanjakan mata yang membuat 37,7 juta turis berkunjung ke sana.

7. Jerman.

Negara yang sukses dengan industri otomotifnya ini berhasil menggaet 33 juta turis pada tahun lalu.

8. Inggris Raya.

Peninggalan kuno, landscape yang klasik hingga industri sepak bola yang maju membuat 32,6 juta turis berkunjung ke sana.

9. Rusia.

Rusia, negeri dingin ini punya tempat wisata unggulan yaitu Istana Kremlin yang tersohor itu. Negeri Beruang Merah itu dikunjungi 29,8 juta turis pada tahun lalu.

10. Malaysia.

Negeri Jiran ini ternyata masuk dalam 10 besar negara yang didatangi turis. Nggak heran sih, di sana banyak sekali tempat wisata keren dari Menara Petronas hingga Langkawi. Malaysia dikunjungi oleh 27,4 juta turis tahun lalu.

Kok Indonesia belum ada dalam daftar ya? Mungkin di 10 berikut ini. KLIK NEXT.

2 dari 3 halaman


11. Austria.

Negara yang beribu kota di Vienna ini berhasil menarik 25,2 juta turis.

12. Thailand.

Negeri Gajah Putih ini merupakan salah satu negara favorit wisatawan. Dari wisata pantai, bangunan bersejarah hingga kuliner ada di sana. Nggak heran 24,7 juta turis berkunjung.

13. Meksiko.

Negeri kartel narkoba ini ternyata mendapat 24,1 juta turis pada tahun lalu. Salah satu faktornya tentu peninggalan kuno suku Aztec dan Maya.

14. Yunani.

Negeri para dewa ini mendapat 22 juta kunjungan turis pada tahun lalu. Peninggalan zaman Romawi masih menjadi daya tarik.

15. Kanada.

Tetangga Amerika Serikat ini  dikenal juga punya banyak tempat wisata menawan. 16 juta kunjungan turis menjadi bukti sahihnya.

16. Polandia.

Polandia, negara yang sering kalian dengar saat pelajaran sejarah ini ternyata pariwisatanya bisa menarik 16 juta turis.

17. Korea Selatan.

Negeri ini akhir-akhir ini terkenal karena budaya K-Popnya yang menjangkiti seluruh dunia. Mungkin inilah yang membuat mayoritas dari 14,2 juta turis ke negeri ginseng tersebut.

18. Belanda.

Belanda punya sisi unik yang nggak dimiliki negara lain. Bendungan, bunga tulip, transportasi air dan budaya bersepeda menarik 13,9 juta turis.

19. Jepang.

Negeri Sakura ini memiliki segudang tempat wisata yang bisa memanjakan mata. Contoh paling gampang adalah wisata di Gunung Fuji hingga budaya Jepang yang luar biasa unik. 13,4 juta turis berkunjung ke negara yang rawan gempa dan tsunami tersebut.

20. Ukraina.

Negara yang sekarang dilanda perang saudara ini ternyata masih mampu menarik 12,7 juta turis pada tahun lalu. Menariknya apa sih?

Wah, berarti Indonesia ada di 10 daftar berikutnya ini. Yuk lihat nomor berapa. KLIK NEXT.

3 dari 3 halaman

21. Hungaria.

Hungaria, kamu mungkin agak nggak familiar dengan pariwisata negeri ini. Tapi nyatanya sebanyak 12,1 juta turis pergi kesana tahun lalu.

22. Singapura.

Negeri kecil tersebut memang banyak menarik wisatawan. Kamu pun pasti ingin atau malah pernah pergi ke sana kan? Tahun lalu sebanyak 11,8 juta turis melancong ke Negeri Singa tersebut.

23. Kroasia.

Kroasia, negeri asal pesepak bola legendaris Davor Suker ini menarik 11,6 juta turis pada tahun lalu. Salah satu wisata andalannya adalah bangunan lama yang dijadikan syuting serial Game of Thrones

24. Swedia.

Negara Skandinavia memang terkenal dengan peninggalan budaya dan alamnya yang menawan. Swedia masuk dalam kategori itu dan berhasil menarik 10,7 juta turis tahun lalu.

25. Republik Ceko.

Negeri yang dulunya bernama Cekoslovakia ini ternyata mempunyai daya tarik wisata yang mampu menyedot 10,6 juta turis.

26. Maroko.

Negeri di Afrika ini punya daya tarik sebagai negeri dengan peninggalan budaya Islam yang keren banget. Nggak heran 10,2 juta turis berkunjung ke sana.

27. Afrika Selatan.

Afrika Selatan adalah salah satu negara paling maju di Afrika. Selain maju, di sana juga banyak pemandangan indah khas Afrika. Sebanyak 9,54 turis melancong kesana pada tahun lalu.

28. Indonesia.

Akhirnya Indonesia muncul dalam daftar 30 negara paling banyak dikunjungi turis. Nggak usah terlalu banyak kata, semua ada di sini. Pariwisata Indonesia berhasil menarik 9,4 juta turis tahun lalu.

29. Swiss.

Swiss terkenal dengan wisata saljunya. Selain itu ada cokelat yang menjadi andalan yang bisa menarik 9,1 juta wisatawan.

30. Belgia.

Tetangga Belanda ini nggak disangka-sangka bisa menarik 7,9 juta turis tahun lalu.