Brilio.net - Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di Asian Games 2018 melalui lifter Eko Yuli Irawan. Pada perlombaan angkat berat yang dihelat di arena JIEXPO, Kemayoran, atlet andalan Indonesia tersebut mampu mempersembahkan medali emas pada nomor angkat besi putra 62 kg.

Eko Yuli berhasil mencatatkan total angkatan seberat 311 kg. Pada angkatan snatch, Eko berhasil mengangkat beban 141 kg. Sedangkan, di angkatan clean and jerk, dirinya mengangkat beban 170 kg. Kemenangan ayah satu anak ini memang telah diprediksi sejak awal.

rekor baru eko yuli © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@nahrawi_imam

Menjadi atlet andalan Indonesia di cabang angkat besi, Eko Yuli telah menorehkan sederet prestasi membanggakan bagi Indonesia. Di antaranya saat ia merebut medali perak Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Loading...

Sebelumnya, Eko Yuli juga berhasil meraih medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012. Penampilannya cukup konsisten saat dipercaya sebagai andalan Indonesia pada ajang multi event. Hal ini dibuktikannya dengan empat kali menjuarai SEA Games.

Meskipun bergelimang prestasi, namun medali Asian Games 2018 menjadi salah satu yang spesial untuk Eko Yuli. Pasalnya, selain menjadi atlet kelima yang berhasil membawa pulang medali emas, dia sekaligus mencatatkan rekor baru untuk tim angkat berat Indonesia.

Keberhasilan Eko meraih medali emas Asian Games kali ini sekaligus membuatnya menjadi atlet angkat besi pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

rekor baru eko yuli © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@FootyJokesID

Kerja keras dan semangat Eko mampu membuat Indonesia Raya berkumandang untuk pertama kalinya di arena angkat besi Asian Games. Hal ini tentunya menjadi prestasi yang membanggakan bagi dirinya dan juga tim angkat besi Indonesia.

Tak lupa, Eko juga mengucapkan rasa bahagia dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukungnya. Dirinya berharap masyarakat tetap mendukungnya apapun hasil yang dicatatkan.

 

A post shared by Ekopower62 (@ekopower62) on

"Saya ucapkan terimakasih untuk masyarakat Indonesia yang sudah mendoakan saya, mensupport saya, untuk bisa memberikan medali emas ini, dan ini untuk kita semua. Mudah-mudahan bisa memicu teman-teman atlet yang lain untuk bisa memberikan yang terbaik. Pesan saya, apapun hasilnya, atlet sudah berjuang, mohon untuk didukung apapun hasilnya," ungkap Eko Yuli.