Brilio.net - Naturalisasi menjadi salah satu cara cepat bagi tim olah raga di sebuah negara untuk bisa merebut juara. Di cabang olah raga sepak bola, naturalisasi kerap dilakukan. Timnas sepak bola nasional banyak menaturalisasi pemain.

Namun ternyata naturalisasi pemain juga terjadi pada tim basket nasional. Hal ini dikarenakan klub nasional lebih senang mengontrak pemain asing yang memiliki garansi permainan lebih bagus dibandingkan pemain lokal. Ditambah proses regenerasi pemain yang timpang antar klub.

Berikut ini pemain basket yang memutuskan menjadi pemain naturalisasi yang dikutip brilio.net dari laman indosport.

1. Jamarr Andre Johnson (CLS Knigths).

basket © 2017 brilio.netfoto: Mainbasket

Loading...

Pindah ke Indonesia demi mengejar karir profesional menjadi pemain basket. Dia awalnya hanya pelatih basket anak-anak dan pengajar agama kristen. Namun Jamarr mampu membawa CLS Knights menjadi juara untuk pertama kalinya sepanjang sejarah tim. Dan kemudian dinobatkan MVP (most valuable player), dan finals MVP Indonesia Basketball League 2016. 

2. Anthony Wayne Cates (Pelita Jaya)

basket © 2017 brilio.net-foto: Ngobrolbasket

Berposisi sebagai shooting guard, Anthony menjadi andalan pelita Jaya pada musim 2014 sampai sekarang ini. Dan sudah tampil bersama timnas basket Indonesia pada sea Game 2015

3. Anthony Ray Hangrove Jr (Aspac)

basket © 2017 brilio.net-Foto: channelbasket

Anthony Ray menjadi pemain teranyar yang dijadikan naturalisasi di Indonesia. Dia diajak gabung dengan Aspac oleh sahabatnya Biboy yang juga bermain untuk Aspac. Anthony Ray akan bermain pada IBL 2017.

4. John Michael Dagatan Noble (Stadium)

basket © 2017 brilio.net-foto: IBLindonesia

Bermain untuk klub basket stadium Jakarta mulai tahun 2016 namun masih sebagai pemain asing. Tahun ini dia telah menjadi pemain naturalisasi yang berasal dari negara Filipina.

5. Ebrahim ‘Biboy’ Enguio Lopez (Aspac)

basket © 2017 brilio.net-foto: IBLindonesia

Menjadi pemain yang memicu adanya naturalisasi di dunia basket Indonesia. Bergabung dengan Aspac Jakarta pada 2013, Biboy adalah keturunan Bali yang berasal dari Filipina. Dia menjadi yang pertama sebagai pemain naturalisasi yang bergabung dengan timnas basket Indonesia.

6. Samuel Kim Razon (Pelita Jaya)

basket © 2017 brilio.net

foto: Nblindonesia
Bermain sebagai pemain center, Kim memiliki tinggi 196 cm. Kim menjadi andalan timnas basket Indonesia pada SeaGames 2015 lalu. Korea Selatan adalah negera Kim sebelum di naturalisasi oleh Indonesia pada tahun 2014.

Enam pemain tersebut sudah didaftarkan sebagai pemain naturalisasi di IBL. Kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah mengingat adanya regulasi pemain naturalisasi dari IBL.(mgg/farid nur hidayat)