Brilio.net - Aksi tawuran dalam beberapa waktu belakangan ini cukup mengkhawatirkan. Baik itu perkelahian antar warga maupun para pelajar. Di kalangan pelajar, aksi tawuran sudah mirip 'ritual'. Padahal, nggak sedikit aksi tawuran memakan korban. Bukan Cuma sekadar cedera, tapi hingga tewas. Nah kalau sudah begitu, nggak ada untungnya kan?

Bisa berprestasi, terkenal dan berkarier lho

mma istimewa

foto: dok. Norman Sasono

Buat kamu yang merasa jagoan, ketimbang adu jotos nggak jelas mending siapin deh diri kamu dengan latihan bela diri yang benar. Kalau sudah merasa mampu, ikut deh ajang yang satu ini, Mix Martial Art (MMA). Selain dapat berprestasi, kamu juga bisa meniti karier sebagai petarung sejati. Bukan seperti jagoan jalanan yang nggak jelas itu.

Loading...

Terlebih saat ini ajang MMA sudah mulai digemari masyarakat lho. Nggak cuma cowok saja yang suka, banyak juga cewek-cewek yang siap bertarung di atas ring.

Siap dikawal wasit-wasit yang profesional

mma istimewa

foto: dok. Norman Sasono

"Buat apa berantem di jalanan ketika sudah ada ajang yang bisa membuktikan apakah Anda yang terbaik dalam adu jotos," ujar CEO TV One, Anindra Ardiansyah Bakrie kepada brilio.net saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta baru-baru ini.

Ajang MMA seperti One Pride yang disiarkan TV One memang untuk menampung minat para petarung. Tapi tentu saja mereka sudah harus menyiapkan diri dengan berbagai seni ilmu bela diri.

"Makanya buat yang suka berantem di jalanan, ngapain lagi, nggak ada gunanya. Coba salurkan pada kegiatan dan ajang yang lebih positif, profesional, dan berprestasi," tegas Adri .

Tuh olahraga ini didukung pemerintah kok

mma istimewa

foto: kemenpora.go.id

Hal serupa juga diungkapkan Norman Sasono, praktisi MMA yang mendalami bela diri Brasilian jiu-jitsu. Menurutnya, aksi tawuran hanya menimbulkan kerugian.

"Buat mereka yang suka berantem di jalanan, pertama itu nggak safe. Bisa cedera bahkan sampai mati. Daripada nggak jelas kayak gitu mending disalurkan saja dan ikut latihan di camp MMA jadi benar-benar terlatih dan terarah," tegasnya.

Menurut cowok yang juga sebagai Chief Innovation Officer & Co-Founder Bizzy, saat ini promotor MMA mulai tumbuh di Indonesia. Selain itu, salurannya juga sudah ada seperti One Pride.

"Jadi mereka bisa jadi petarung profesional. Bisa berkarier, dapat uang, terkenal," katanya.

Berani menantang mereka?

mma istimewa

foto: YouTube.com

Nah, buat kamu yang mengira MMA itu brutal jangan salah lho. Dari namanya saja sudah jelas, Mix Martial Art. Ini adalah seni bela diri. Seolah-olah tekniknya bebas tapi sebenarnya ada aturan yang jelas dan nggak boleh sembarangan. Jadi jauh lebih aman dibanding kamu barentem di jalanan.