Brilio.net - Gemerlap industri sepakbola menjanjikan masa depan yang gemilang. Apalagi jika sudah menjadi pemain bintang. Gajinya pun bisa milyaran rupiah perminggu.

Kegemilangan karir pemain kelas dunia ini tidak lantas membuat mereka berhenti belajar hanya sampai tingkat SMA saja. Bahkan ada yang lulus S3 dan dijuluki Socrates si filsuf terkenal itu lho. Wow, ini menunjukkan bahwa belajar itu memang penting dan bisa jadi bekal penting di kemudian hari.

Berikut daftar pemain sepak bola kelas dunia yang tetap memilih menempuh pendidikan tinggi, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

 

1. Giorgio Chiellini

bola © 2017 brilio.net


Pemain andalan lini belakang Timnas Italia dan Juventus ini, baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan masternya, jurusan Administrasi Bisnis di University of Turin's School of Management and Economics. Chiellini dinyatakan lulus pada kamis (6/4/2017).

2. Edwin van Der Sar

bola © 2017 brilio.net


Legenda hidup Manchester United dan Timnas Belanda ini, memilih pensiun di usia 40 tahun di tahun 2011. Setahun berselang, Van Der Sar melanjutkan pendidikan dibidang Master Manajemen Olahraga dan telah di wisuda pada tahun 2014.

 

3. Juan Mata

bola © 2017 brilio.net


Gelandang 28 tahun yang sedang bermain untuk Manchester United ini ternyata punya dua gelar sarjana yakni Ilmu Olahraga dan keuangan. Mata menjalani kuliahnya sebagai mahasiswa terbang ketika pindah dari valencia ke Chlesea. Kampusnya berada di Madrid, jadi kebayangkan sibuk dan ribetnya Juan Mata harus berkarir dan berkuliah?

 

4. Glen Johnson

bola © 2017 brilio.net


Mantan pemain liverpool yang sekarang bermain di Stock City ini, merupakan pemegang title sarjana Matematika. Kuliah yang dia jalankan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Johnson sendiri pernah menyatakan kecintaannya pada bidang matematika. Kira-kira setelah pensiun akan mengambil S2 matematika nggak ya?

 

5. Marouane Camakh

bola © 2017 brilio.net


Pemain asal Maroko ini pernah bermain untuk Arsenal. Siapa sangka pemain ini adalah seorang lulusan akuntansi. Keahliannya dibidang akuntansi membuatnya memiliki beberapa usaha. Dan sekarang dia sedang dikaitkan dengan tim Persib Bandung.

 

6. Vincent Kompany

bola © 2017 brilio.net


Kapten Manchester city asal Belgia ini ternyata memiliki gelar akademis yakni Magister Administrasi Bisnis (MBA). Dia lulus di Mancherter Business School. Ternyata Kompany mengambil kuliah paruh waktu selama bermain di Manchester city.

 

7. Socrates

bola © 2017 brilio.net


Nama aslinya Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira lebih dikenal sebagai Socrates karena dinilai mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Dia mempunyai dua title gelar doktoral, yakni di bidang ilmu kedokteran dan ilmu filsafat. Socrates merupakan gelandang andalan timnas Brazil tahun 1980-an. (mgg/farid nur hidayat)