Brilio.net - PSSI resmi melayangkan surat protes ke Konferensi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) terkait tudingan permainan mata-mata pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 yang dilakukan oleh Vietnam dan Thailand.

Keputusan PSSI ini diambil setelah mengadakan rapat pada hari Senin (11/7). Rapat yang dilakukan dadakan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Manajer Timnas Indonesia U-19 Endri Erawan, dan asisten pelatih Shin Tae-yong yakni Nova Arianto.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Vietnam dan Thailand memperoleh skor yang imbang yakni 1-1. Perolehan skor tersebut membuat impian Timnas Indonesia U-19 untuk maju ke babak berikutnya menjadi buyar.

Diketahui, Timnas Indonesia U-19, menang dengan skor 5-1 atas Myanmar. Namun, walaupun begitu Timnas Indonesia berakhir pada peringkat ketiga kelasemen terakhir. Sementara itu, Timnas Indonesia, Vietnam dan Thailand sama-sama memperoleh 11 poin dari lima pertandingan. Sesuai dengan aturan dari AFF, Indonesia gagal ke semifinal karena kalah secara head to head dari Vietnam dan Thailand. 

PSSI ajukan protes resmi ke AFF Berbagai sumber

foto:Instagram/@pssi

Penyebab gagal majunya Timnas ke semifinal ternyata sudah disadari oleh pihak PSSI. PSSI menyadari bahwa regulasi AFF U -19 2022 menjadi penyebab utama.

"Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan." jelas Ketua Umum PSSI Mocahamad Iriawan, dikutip brilio.net dari PSSI, Senin (11/7).

Mengutip dari liputan6, Senin (11/7) menjelaskan bahwa surat protes kepada AFF akan diberikan paling lambat pada hari Selasa (12/7). Mochamad Iriawan menambahkan bahwa pihak PSSI ingin memastikan dan bertanya pada AFF, apakah hal tersebut termasuk fair play atau tidak. Menurut Iriawan hal itu dapat menjadi sebuah acuan bagi PSSI.

PSSI ajukan protes resmi ke AFF Berbagai sumber

foto:Instagram/@mochamadiriawan84