Dengan adanya keputusan FIFA tersebut, Timnas Indonesia U-20 otomatis urung berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Merespons kabar itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghibur netizen bahwa ada rencana lain yang telah disiapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Hal itu ia tuliskan melalui akun Twitter pribadinya.

"RA USAH SEDIH. PAK @erickthohir WES NYIAPKE PLAN B & C," tulis Gibran dikutip brilio.net dari Twitter @gibran_tweet.

Gibran Rakabuming sendiri tak dapat menahan hati mendengar kabar FIFA resmi mencoret nama Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Lewat cuitannya, ia mengatakan enggan membahas Piala Dunia U-20 lagi dan memilih fokus mengawal performa Persis Solo.

"Wes ya. Mulai sesok ra mbahas u20 meneh. Fokus @persisofficial wae seng maine lagi konsisten apik," cuitnya.

foto: Twitter/@gibran_tweet

Beberapa waktu sebelumnya, Gibran Rakabuming mengekspresikan rasa tidak senangnya kepada beberapa politikus yang mendukung Palestina dengan menolak Israel berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20.

Terang-terangan, putra sulung Jokowi menyuarakan keraguan mengapa penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel baru diangkat setelah anggaran tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah diberikan.

"Kewajibannya seperti apa? Kalau aku sih komitmen, apa yang saya tanda tangankan di perjanjian itu saya komitmen. Satu saja, kalau dipermasalahkan, harusnya protesnya dari dulu?" ujarnya kepada para jurnalis di Solo pekan ini.

"Kalau mau protes (soal keikutsertaan Israel), harusnya dari dulu. Bukan mendekati (hari H) kayak gini (kita) sudah mengeluarkan anggaran baru protes," cetus Gibran Rakabuming tak habis pikir.