Brilio.net - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Turnamen yang harusnya digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 tersebut terpaksa dibatalkan karena adanya polemik yang terjadi jelang kompetisi tersebut berlangsung.

Pengumuman batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia disampaikan secara langsung FIFA melalui rilis resmi yang dikeluarkan pada Rabu (29/3). Keputusan FIFA tersebut diambil setelah adanya pertemuan antara Ketua PSSI, Erick Thohir dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha, Qatar.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023."

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022," tulis FIFA dalam pernyataan resmi mereka.

Gibran Rakabuming hanya ingin fokus © berbagai sumber

foto: Instagram/@erickthohir