Brilio.net - Kamis (24/10) kemarin, Indonesia akhirnya resmi ditunjuk menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Gianni Infantino, Presiden FIFA, setelah council meeting di Shanghai, China.

Kabar tersebut tentunya merupakan hal yang menyenangkan bagi banyak pihak, tak terkecuali PSSI. Meski begitu, harus disadari bahwa PSSI tentu tak boleh terlena dengan keputusan tersebut.

Pasalnya, dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, tanggung jawab PSSI pun semakin bertambah. Dengan kata lain, ada banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus segera dikerjakan oleh PSSI sebelum ajang Piala Dunia U-20 dimulai.

Nah, lalu kira-kira apa saja ya PR untuk PSSI dalam menyambut ajang sepak bola bergengsi ini? Berkaitan dengan hal terebut, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pekerjaan rumah PSSI yang harus segera dikerjakan, Jumat (25/10).

1. Pemain dan pelatih.

Loading...

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@officialpssi

Gelaran Piala Dunia 2021 merupakan ajang sepak bola terbesar untuk kelompok umur U-20. Oleh karenanya, PSSI tentu harus menyiapkan pemain-pemain terbaik. Tak hanya itu, PSSI juga harus menyiapkan pelatih yang mumpuni jika tidak ingin mengulangi kesalahan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

2. Stadion yang ideal.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@officialpssi

PSSI selaku induk olahraga tertinggi pastinya harus mempersiapkan kelayakan stadion yang memiliki standar internasional. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah sarana-sarana penunjang, seperti toilet yang memadai, klinik kesehatan, rambu keselamatan, emergency exit, dan papan informasi yang memudahkan.

3. Infrastruktur pendukung.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: ttnonline.com

Tak hanya stadion, penginapan atau hotel yang dipersiapkan di sekitar venue pun harus layak. Begitu pula dengan rumah sakit. Hal tersebut untuk mengantisipasi apabila ada kejadian yang tak diinginkan terjadi pada tamu yang datang ke Indonesia.

4. Transportasi.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: football-tribe.com

Transportasi adalah salah satu aspek yang tak kalah penting. Akses jalan dari hotel tim hingga stadion juga harus dipastikan tidak bermasalah, sehingga mereka bisa tiba tepat waktu saat pertandingan.

5. Keamanan.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Selama perhelatan Piala Dunia U-20 2021 mendatang, Indonesia akan didatangi oleh banyak wisatawan dari berbagai begara di dunia. Untuk itu, Indonesia pun harus memberikan rasa aman terhadap tamu-tamu yang datang. Pengamanan harus dipersiapkan dengan detail, sebelum kedatangan tim-tim, selama pelaksanaan, sampai semua tamu kembali ke negara masing-masing.

6. Lapangan untuk berlatih.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@officialpssi

Lapangan untuk berlatih juga tak kalah penting untuk diperhatikan oleh PSSI. Umumnya, dalam turnamen besar seperti Piala Dunia U-20, setiap venue pertandingan harus memiliki dua lapangan latihan terpisah.

7. Dukungan dari masyarakat.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@officialpssi

Dukungan dari masyarakat ini tentunya tak hanya berlaku di stadion. Bersama pemerintah, PSSI harus merancang cara supaya segenap warga Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah yang baik, sehingga para pemain, pelatih, dan suporter peserta Piala Dunia U-20 bisa merasa nyaman sepanjang turnamen.

8. Sistem penjualan tiket.

PR PSSI © 2019 brilio.net

foto: fifa.com

Seperti yang kita ketahui, praktik calo di Indonesia masih menjadi salah satu masalah klasik yang tak kunjung usai. Oleh sebab itu, PSSI harus menyiapkan sistem penjualan tiket online yang bisa dengan mudah diakses banyak orang.