Brilio.net - Indonesia akhirnya dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui media sosial Instagram, Kamis (24/10).

"Segala puji kepada Tuhan dengan segala kuasa-Nya. Berkat doa dan usaha kita semua, Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!"

Indonesia berhasil mengalahkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah. Tentunya hal ini sangat menggembirakan bagi pencinta sepak bola Tanah Air.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Sekjen PSSI, Ratu Tisha datang langsung ke Shanghai untuk melakukan presentasi di depan FIFA, yang salah satu agendanya memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Hasilnya cukup menggembirakan.

Piala Dunia U-20 bukan kompetisi sembarangan. Turnamen untuk pesepak bola muda antar negara ini telah melahirkan banyak legenda sepak bola dunia. Salah satunya adalah Maradona.

Loading...

Berikut 5 jebolan Piala Dunia U-20 yang torehkan prestasi di lapangan hijau, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/10).

1. Diego Maradona.

Super star sepak bola yang datang dari Piala Dunia u-20 istimewa

foto: thesun.co.uk

Pada perhelatan Piala Dunia U-20 pada tahun 1979 muncul nama pesepak bola yang kemudian dikenal sebagai legenda sepak bola dunia, yakni Diego Armando Maradona.

Diego Maradona menjadi salah satu pemain muda yang Argentina yang begitu diandalkan oleh pelatih Argentina U-20, Cesar Luis Menotti. Pada pertandingan pertama, Maradona torehkan gol pertamanya saat bertemu timnas Indonesia.

Pada saat itu timnas Indonesia satu grup dengan Argentina, Polandia, dan Yugoslavia di grup B. Gawang timnas Indonesia yang saat itu dikawal oleh Endang Tirtana dibobol pada menit ke-19.

Setelah mengikuti gelaran Piala Dunia U-20, karier Maradona makin melejit. Bersama timnas senior, Si Tangan Tuhan persembahkan gelar Piala Dunia 1986.

2. Dani Alves.

Super star sepak bola yang datang dari Piala Dunia u-20 istimewa

foto: standardmedia.co.ke

Bek Paris Saint Germain (PSG), Dani Alves juga pernah merasakan bagaimana menjadi pemain di Piala Dunia U-20. Kala itu dirinya bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2003 di UEA.

Alves mampu antarkan Brasil yang kala itu diisi pemain seperti Fernandinho dan Kelber mampu menjadi kampiun di turnamen ini. Pada final tersebut Brasil mampu kalahkan Spanyol lewat gol tunggal Fernandinho.

Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Alves jadi pemain yang saat ini meraih gelar juara terbanyak. Hingga saat ini, Dani Alves berhasil mengoleksi 41 trofi sepanjang karier sepak bolanya. Trofi pertama Alves ia peroleh pada 2001 ketika membawa Bahia meraih gelar Campeonato Baiano, kompetisi lokal untuk wilayah Bahia, Brasil.

3. Lionel Messi.

Super star sepak bola yang datang dari Piala Dunia u-20 istimewa

foto: thesun.co.uk

Pada perhelatan Piala Dunia U-20 2005 yang berlangsung di Belanda, Lionel Messi jadi sosok yang paling menyita perhatian. Bagaimana tidak, aksi impresifnya di Tim Tango sukses mengundang decak kagum. Messi tercatat menjadi top skor di ajang itu dengan raihan 6 gol.

Di partai final, Argentina yang bertemu tim kuda hitam, Nigeria mampu mencetak brace di kemenangan tim Tango 2-1. Sejak saat itu, nama Messi jadi sorotan publik sepak bola dunia.

Ketika Lionel Messi menjalani turnamen Piala Dunia U-20, pada 28 Juni 2005, Messi mendapatkan kontrak pertamanya dari Barcelona.

4. Paul Pogba.

Super star sepak bola yang datang dari Piala Dunia u-20 istimewa

foto: thesun.co.uk

Nama Paul Pogba menjadi yang begitu menarik perhatian dunia, Pogba ialah alumni Piala Dunia U-20 2013 di Turki. Nama Pogba saat ikut turnamen ini baru saja terbuang dari Man United. Ia hengkang ke Juventus dan mulai menemukan titik terbaik dalam permainannya.

Pada ajang tersebut, Paul Pogba mampu meraih gelar Golden Ball dan antarkan Prancis meraih gelar juara setelah di partai final kalahkan Uruguay lewat adu penalti.

5. Xavi.

Super star sepak bola yang datang dari Piala Dunia u-20 istimewa

foto: thesun.co.uk

Xavi menjadi sosok yang begitu diunggulkan pada Piala Dunia tahun 1999. Kala itu Spanyol menunjukkan performa yang cukup bagus dengan diperkuat Xavi dan Iker Casillas yang merupakan bagian dari Spanyol U-20 saat Juara Piala Dunia U-20 1999.