Brilio.net - Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) 2019 yang telah dilaksanakan pada 17 April lalu bukan hanya panggung bagi para politisi saja. Kalangan mantan atlet juga mencoba peruntungannya untuk terjun ke dunia politik.

Sejumlah mantan atlet Tanah Air diketahui mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) yang diusung oleh berbagai partai politik.

Meski memiliki popularitas tinggi, sejumlah mantan atlet caleg tersebut tetap saja tidak memiliki jaminan untuk lolos sebagai anggota parlemen.

Mengacu pada hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa caleg mantan atlet hampir dipastikan gagal melenggang ke Senayan.

Siapa saja? Brilio.net menghimpun enam mantan atlet caleg yang gagal di Pileg 2019 seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (18/5) berikut ini.

Loading...

1. Chris John.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@chrisjohnindonesia

Mantan petinju kebanggaan Indonesia, Chris John terdaftar sebagai caleg Pileg 2019 yang diusung oleh Partai Nasdem. Ia mencalonkan diri lewat Dapil Jawa Tengah X. Ia harus gigit jari setelah hampir dipastikan gagal menuju Senayan karena hanya meraih sekitar 4.000 suara.

2. Ricky Subagja.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Mantan atlet bulu tangkis ini maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat. Ia maju melalui Dapil Jawa Barat I. Pada Pileg 2014, Ricky berhasil lolos sebagai anggota parlemen. Namun, keberhasilannya lima tahun lalu gagal terulang tahun ini.

3. Icuk Sugiarto.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Juara dunia bulu tangkis 1983 ini juga harus mengakui kegagalan menuju Senayan pada Pileg 2019. Icuk yang maju sebagai caleg Partai Hanura untuk Dapil Jawa Barat IV hanya berhasil mengumpulkan sekitar 8.000 suara.

4. Hariyanto Arbi.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Mantan juara dunia bulu tangkis lainnya, Hariyanto Arbi juga mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI pada Pileg 2019. Ia diusung oleh PSI lewat Dapil Jawa Tengah I. Kegagalan PSI menembus ambang batas suara sebesar empat persen membuat Hariyanto Arbi dipastikan gagal meraih kursi DPR RI.

5. Donny Kesuma.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@donnykesumaofficial

Mantan atlet bisbol yang juga populer sebagai seleb ini maju sebagai caleg dari Partai Berkarya pada Pileg 2019 Dapil Jawa Barat XI. Ia dipastikan gagal melenggang ke Senayan karena Partai Berkarya tidak memenuhi ambang batas suara minimal sebesar empat persen.

6. Yayuk Basuki.

mantan atlet caleg gagal © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@yayukbasuki_

Mantan atlet tenis peraih medali emas Asian Games ini maju sebagai caleg dari PAN pada Pileg 2019 Dapil Jawa Tengah I.