Brilio.net - Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d’Or untuk keenam kalinya pada Selasa (3/12). Namanya berada di urutan teratas dalam daftar dan menyingkirkan Virgil van Dijk serta Cristiano Ronaldo.

Pemain kelahiran Argentina ini diangggap pantas menerima Ballon d'Or 2019 atas sejumlah alasan. Pertama, karena ia telah mencetak 62 gol dalam 64 penampilannya. Selain itu, ia juga berhasil membawa Barcelona menjuarai La Liga.

Berbicara tentang prestasi dari Lionel Messi memang tak ada habisnya. Messi sukses mengolah talentanya menjadi deretan prestasi. Bahkan ada beberapa prestasinya yang pernah tercatat dalam buku rekor dunia atau Guinness World Records.

Wah, lalu prestasi apa saja ya yang membuat nama Messi tercatat dalam buku tersebut? Dilansir dari berbagai sumber berikut brilio.net rangkum lima di antaranya, Rabu (4/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Enam kali menggondol Sepatu Emas Eropa.

rekor Messi © 2019 brilio.net

foto: sportskeeda.com

Musim lalu, untuk keenam kalinya Messi memenangkan gelar Sepatu Emas Eropa. Dilansir dari Sportskeeda, ia mencetak 51 gol di semua kompetisi musim lalu.

2. Pemain pertama yang cetak hattrick hingga tiga kali di Liga Champions dalam semusim.

rekor Messi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@leomessi

Messi adalah pemain pertama yang mencetak lebih dari satu hat trick sepanjang satu musim di Liga Champions. Sewaktu Liga Champions 2011/12, pemain kelahiran 1987 ini mencetak hattrick hingga tiga kali ke gawang Bayer Leverkusen, Viktoria Plazen, dan Bayern Munchen.

3. Pemain termuda yang cetak 50 gol di Liga Champions.

rekor Messi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@leomessi

Messi adalah pemain termuda yang mampu mencetak 50 gol di Liga Champions. Atas prestasinya itu namanya pun tercatat dalam buku rekor dunia saat dirinya masih berusia 24 tahun, 9 bulan, dan 10 hari.

4. Mencetak gol terbanyak dalam semusim.

rekor Messi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@leomessi

Messi berhasil mencetak 91 gol pada tahun 2012. Torehan angka tersebut membuat bintang Timnas Argentina ini memecahkan rekor terbanyak dalam satu tahun yang sebelumnya dipegang legenda Bayern Muenchen, Gerd Muller.

5. Mencetak gol paling banyak di Ajang Piala Dunia Antarklub.

rekor Messi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@leomessi

Messi telah mencetak lima gol untuk Barcelona dalam Piala Dunia Antarklub. Torehan tersebut tak pelak menempatkan Messi sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di turnamen itu.

(brl/lea)