Brilio.net - Menggeluti profesi sebagai seorang atlet bukanlah hal yang mudah. Selain skill yang mumpuni, hal lain yang wajib dimiliki oleh setiap atlet adalah sikap disiplin dan sportivitas yang tinggi.

Seorang atlet tidak sekadar dituntut untuk bisa memenangkan sebuah permainan. Lebih dari itu, mereka juga harus bisa menunjukkan kepedulian dan rasa hormat terhadap aturan main, wasit, dan lawan, serta tidak berlaku curang untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Akan tetapi, apa yang terjadi di lapangan, terkadang memang berbanding terbalik dengan keharusan tersebut. Meski begitu, perbandingan antara permainan yang menjunjung tinggi sportifitas tetap lebih tinggi dibanding dengan permainan yang sarat akan kecurangan kok.

Nggak percaya? Tenang, brilio.net sudah merangkum sejumlah momen yang menunjukkan tingginya sportivitas antarpemain, Rabu (29/8). Langsung simak, yuk!

1. Anthony Ginting vs Shi Yuqi - Asian Games 2018.

Loading...

sportifitas olahraga © 2018 brilio.net-foto: Twitter/@jnessy_

Saat bermain melawan Shi Yuqi, Ginting sempat mengalami cedera pada kakinya. Ia pun harus menyerah kalah dari pemain asal China tersebut. Alhasil, Shi Yuqi pun keluar menjadi pemenang dalam laga tersebut. Meski begitu, ia tidak serta-merta senang dengan keputusan tersebut. Shi Yuqi merasa kurang puas karena kemenangannya 'diperoleh' dari cedera yang dialami lawannya. Selepas permainan berakhir, Shi Yuqi pun tidak melakukan selebrasi. Ia dengan segera malah menghampiri dan menjabat tangan Ginting.

2. Anthony Ginting vs Chen Long - Asian Games 2018.

sportifitas olahraga © 2018 brilio.net-foto: Twitter/@jnessy_

Menang atas Chen Long setelah menjalani pertandingan selama 2 gim berturut-turut tak membuat Ginting menjadi jumawa. Seusai pertandingan atlet 22 tahun tersebut langsung menghampiri lawannya dan menjabat tangannya. Begitu pula dengan Chen Long, kalah dari Ginting tak lantas membuatnya menaruh dendam. Chen Long bahkan memberikan acungan jempol terhadap permainan Ginting yang hebat.

3. Anthony Ginting vs Chou Tien Chen - Asian Games 2018.

sportifitas olahraga © 2018 brilio.net-foto: Twitter/@FootyJokesID

Dikalahkan oleh Chou Tien Chen pada gim ketiga dengan skor 21-17, tak membuat Ginting memusuhi sang lawan. Buktinya, lepas dari pertandingan, ia tak ragu untuk memeluk pemain asal Taiwan tersebut. Tak melihat menang atau kalah, Ginting selalu menunjukkan sikap sportifnya.

4. Nozomi Okuhara vs Pusarla V. Sindhu - BWF 2018.

sportifitas olahraga © 2018 brilio.net-foto: Youtube/BadmintonWorld.tv

Tak hanya pemain dari Asia Tenggara dan Asia Timur, pebulutangkis dari India, Pusarla V. Sindhu pun menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding. Usai menaklukkan pemain asal Jepang dalam 2 gim berturut-turut di Total BWF World Championships 2018, ia mendatangi Nozomi untuk bersalaman. Nozomi pun menyambutnya dengan senyum lebar.

5. Ahsan/Hendra vs Cai/Fu H. F. - WBC 2013.

sportifitas olahraga © 2018 brilio.net-foto: Youtube/BadmintonWorld.tv

Berhasil menang dari pasangan Cai/Fu pada pertandingan babak semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di Tianhe Indoor Stadium, tidak membuat Ahsan dan Hendra sombong. Di akhir pertandingan, Ahsan bahkan mengejar Cai untuk menjabat tangan.