Brilio.net - Kehidupan bintang sepak bola internasional selama ini selalu identik dengan kemewahan. Hal tersebut diperlihatkan melalui beberapa hal, seperti kepemilikan rumah yang megah, mobil sport, dan lifestyle yang mahal.

Akan tetapi, hal tersebut nyatanya tak berlaku bagi semua pesepak bola dengan nama besar. Alih-alih memperlihatkan gaya hidup mewah, segelintir di antaranya justru tampak rendah hati dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Striker Manchester United, Marcus Rashford adalah salah satunya. Atlet kelahiran 1997 tersebut bahkan kerap menyisihkan gajinya, yang mana sebesar Rp 4 M per pekan, untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan.

Loading...

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut sederet fakta tentang kebaikan hati dan aksi sosial yang pernah dilakukan oleh Marcus Rashford, Kamis (18/6).

1. Membantu tunawisma.

Marcus Rashford Instagram

foto: Instagram/@marcusrashford

Pada Natal 2019 lalu, pemain Manchester United ini berinisiatif mendorong masyarakat agar turut menyumbang kebutuhan harian hingga pakaian hangat kepada para tunawisma di kota Manchester. Untuk itu, ia pun bekerja sama dengan sebuah departemen store guna melakukan kampanye 'In-The-Box'.

Lebih jauh, tak hanya menginisiasi, dirinya juga turut turun tangan secara langsung untuk mengedarkan bantuan di tempat penampungan tunawisma. Diketahui, Rashford membagikan lebih dari 1.200 kotak berisikan donasi dari warga.

2. Bahasa isyarat.

Marcus Rashford Instagram

foto: Instagram/@marcusrashford

Pada Februari lalu, Marcus Rashford menerima sebuah pesan dari penggemarnya yang mana meminta ia menjadi juri dalam kompetisi puisi di sekolahnya.

Diketahui, peserta kompetisi tersebut ternyata adalah anak-anak tuli di Kota Manchester. Untuk itu, Rashford pun lantas berinisiatif untuk mempelajari bahasa isyarat.

Sayang, niat mulianya itu terganggu oleh pandemi virus corona. Sebagai gantinya, ia pun berjanji akan memberikan hadiah kepada pemenangnya secara langsung usai kebijakan lockdown di Inggris dicabut.

3. Makanan sekolah gratis.

Marcus Rashford Instagram

foto: Instagram/@marcusrashford

Merebaknya virus corona di Inggris membuat banyak sekolah tutup untuk sementara waktu. Permasalahannya, tak sedikit anak yang menggantungkan hidupnya pada makanan gratis yang bisa dinikmati di sekolah.

Melihat persoalan itu, bersama dengan Fareshare, Rashford pun melakukan penggalangan dana. Ia berhasil mengumpulkan 20 juta pounds atau setara Rp 353 M. Dengan uang tersebut, sebanyak tiga juta porsi makanan per pekannya kepada anak-anak di sekitar UK.

4. Memberikan tiket Manchester United.

Marcus Rashford Instagram

foto: Instagram/@marcusrashford

Marcus Rashford pernah memberikan tiket laga MU vs Brighton pada November 2019 lalu kepada salah seorang penggemar timnya bernama John Burk.

Usut punya usut, John Burk adalah seorang fans Manchester United. Usai dinyatakan remisi dari kanker John pun ingin melaksanakan misinya untuk mengelilingi Inggris dan menutupnya dengan menyaksikan MU secara langsung di Old Trafford.

Lebih jauh, tak cuma kepada John, pemain Timnas Inggris ini juga pernah memberikan dua tiket kepada pekerja NHS (National Health Service) sebagai ungkapan terima kasih karena telah berjuang menghadapi virus Corona di Inggris.