Brilio.net - Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menarik perhatian konsumen. Selain memasarkan usahanya lewat mulut ke mulut, penggunaan spanduk sebagai media promosi juga banyak dilakukan lho. Spanduk yang digunakan biasanya berisi keunggulan dan nama usaha mereka.

Khusus untuk usaha yang menawarkan jasa perbaikan barang elektronik atau lainnya, spanduk yang mereka buat sudah pasti berisi keterangan mengenai barang dan kerusakan apa saja yang bisa diperbaiki. Jika biasanya kamu menemukan spanduk-spanduk usaha dalam bahasa Indonesia, maka beda lagi dengan spanduk yang satu ini.

Beda dari yang lain, spanduk usaha milik tukang servis handphone ini hadir dengan rasa kearifan lokal lantaran menggunakan bahasa Sunda di dalamnya. Kalau baca spanduk tersebut, sudah pasti kalau usaha servis handphone ini ditujukan untuk warga Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Garut, Bandung dan sekitarnya.

spanduk bahasa Sunda  © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Loading...

Nggak cuma menggunakan bahasa Sunda, beberapa kerusakan yang tertulis dalam spanduk tersebut juga menggunakan beberapa kata yang bikin kamu mikir dua kali. Biar lebih meyakinkan calon konsumen, pemilik usaha pun menuliskan Transformer pernah menggunakan jasanya.

"Transformer pernah ganti batre disini," tulis pemilik servis handphone seperti dikutip brilio.net, Senin (4/2).

Kurang sangar apa coba tuh, tempat servis handphone guys? Nah, buat kamu yang nggak sama jenis kerusakan handphone yang siap diservis tukang ini, yuk simak penjelasannya arti-artinya di bawah ini.

- Wafat: Handphone-nya mati

- Tigeledug: Handphone rusak gara-gara jatuh

- Diajar Ngojay: Rusak karena dibawa berenang

- Kacalikan: Tak sengaja kedudukan

- LCD Remuk: LCD rusak/pecah

- Layar Sentuh Cuek: Layar tidak merespon

- Teu Tiasa Ngecas: Nggak bisa dicas

- Teu Tiasa Simna: Sim card nggak terbaca

- Soarana Ngerebek: Suaranya pecah/nggak jelas

- Teu Tiasa Moto: Nggak bisa buat foto

- Bolotot Terus: Layarnya nyala terus

- Konektor Coplok: Konektornya lepas

- Sinyal Lol-Lolan: Sinyal putus-putus

- Ka Konci: Handphone-nya terkunci gara-gara sandi

- Akun Google: Akun Google

- Boros Batrena: Batrei handphone boros

- Lemot/Ngaheung: Handphone lemot/ngehang

- Jeung Sajabana: Dan lain-lain