Brilio.net - Tentu bukan sesuatu yang asing ketika melihat prosesi pernikahan yang menggunakan upacara pedang pora. Pedang pora adalah tradisi khas mengantar seorang prajurit memasuki jenjang perkawinan untuk pertama kalinya. Upacara ini dilakukan oleh perwira remaja kepada perwira rekannya yang menempuh hidup baru.

Tradisi pedang pora ini diyakini berasal dari Belanda, tepatnya dari tradisi "Degendans" yang dilakukan oleh para taruna Akademi Angkatan Laut Belanda (Koninklijke Marine Academie) pada abad ke-19. Upacara pedang pora biasanya terdiri dari beberapa tahapan yaitu, penyambutan, penghormatan, pemberian pedang, perarakan, dan terakhir pengantar.

Tradisi pedang pora memiliki makna yang mendalam bagi para tentara. Tradisi ini melambangkan bahwa prajurit yang akan menikah telah siap untuk menjalani kehidupan barunya sebagai seorang suami atau istri. Tradisi ini juga menunjukkan kekompakan dan kebersamaan antara sesama prajurit.

Namun terkadang, ada saja masyarakat yang tidak berprofesi sebagai prajurit, tetapi ingin melaksanakan upacara pedang pora. Alih-alih menggunakan pedang, mereka malah pakai cara nyeleneh untuk penyambutan. Intinya yang penting gayanya sama, soal alatnya berbeda biarlah jadi urusan belakangan.

Salah satunya bisa dilihat dari pengantin satu ini. Penampakannya cukup nyeleneh dan mengundang tawa. Momen tersebut tergambar lewat sebuah video TikTok yang diposting akun @phatboys_official, dilansir brilio.net pada Selasa (16/1).

nikah pakai raket © TikTok

foto: TikTok/@phatboys_official