Brilio.net - Kamu pasti ingat dong, saat masa sekolah selalu ada ujian praktek agama khususnya untuk siswa beragama muslim. Ujian tersebut biasanya meliputi praktik beribadah, hafalan doa-doa, atau hafalan surat pendek tergantung kurikulum yang diterapkan.

Dalam ujian praktik ibadah, di SMA biasanya sudah sampai level praktek mengurus jenazah menurut ajaran Islam. Biasanya para siswa akan dibagi kelompok untuk bermain peran. Ada yang jadi jenazah ada yang jadi orang-orang yang mengurusnya.

Dari mulai praktik tata cara memandikan, mensalati, sampai mengantarkan ke pemakaman semuanya diperagakan dan akan dinilai oleh guru penguji. Semuanya harus dilakukan dengan baik karena bagian dari syarat kelulusan ujian mata pelajaran Agama.

Ujian praktek agama jenazah ngevlog TikTok

foto: TikTok/@ditryy1

Nah, meskipun dilakukan dengan khusyuk dan tertib, kamu pernah nggak sih mengalami hal-hal konyol bin kocak ketika proses ujian praktik agama?

Kalau belum, video satu ini justru memperlihatkan yang sebaliknya. Sebuah video yang diunggah akun TikTok @ditryy1 menjadi viral karena membagikan momen ujian praktik agama para siswa SMA yang kocak abis.

Ujian praktek agama jenazah ngevlog TikTok

foto: TikTok/@ditryy1

Video itu merekam momen saat sekelompok siswa sedang memperagakan cara menggotong jenazah. Beberapa siswa SMA terlihat menggotong keranda yang ditutupi dengan kain putih. Di dalamnya, terdapat siswa yang berbaring sedang berpura-pura sebagai jenazah.

Karena ini adalah ujian praktik, sekelompok siswa yang menggotong jenazah pun terlihat sungguh-sungguh. Tentunya hal ini dilakukan mereka agar bisa lulus ujian dengan nilai yang bagus.

Ujian praktek agama jenazah ngevlog TikTok

foto: TikTok/@ditryy1