Brilio.net - Cacing tidak hanya hidup di dalam tanah. Ada jenis cacing parasit yang bisa bersarang di tubuh manusia. Misalnya cacing pita, cacing loa-loa dan lain sebagainya.

Seorang pria di Udupi, India mengalami sakit luar biasa di bagian matanya. Dilansir brilio.net dari eenaduindia.com, Jumat (12/10) di mata pria ini bersarang sebuah cacing. Akibatnya pria ini harus dioperasi di rumah sakit di Kundapur untuk mengeluarkan cacing dari matanya.

Dokter Srikanth Shetty yang menangani pria ini mengatakan ukuran cacing tersebut mencapai 15 cm. Dokter menyatakan operasi harus segera dilakukan, karena jika terlambat akan berakibat fatal. Keberadaan cacing dapat merusak jaringan mata dan menganggu penglihatan.

Menurut dokter Srikanth Shetty, jenis cacing yang bersarang di mata pria 60 tahun itu ialah cacing filaria. Cacing ini bisa masuk ke tubuh melalui gigitan nyamuk. Bahkan cacing ini bisa hidup di tubuh manusia selama enam hingga delapan tahun.

cacing di mata © thesun.co.uk

Loading...

Pada umunya cacing ini bersarang di limfa kaki. Jika berkembang biak dan jumlahnya semakin banyak, cacing ini menyebabkan pembengkakkan di kaki. Di Indonesia, pembengkakkan tersebut kerap dijuluki sebagai penyakit kaki gajah.

cacing di mata © thesun.co.uk

Dokter Srikanth Shetty menyatakan, ia jarang menemui kasus cacing filaria bersarang di mata. Namun telur cacing bisa saja masuk lewat darah akibat gigitan nyamuk, sehingga bisa menembus organ mata.

Dokter Srikanth Shetty mengatakan, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Alasanya agar lingkungan terbebas dari nyamuk penyebar cacing ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut penampakan cacing ini saat proses operasi berlangsung.