Brilio.net - Kesehatan merupakan salah satu aset yang paling penting untuk tubuh. Dengan gaya hidup sehat yang diterapkan sejak muda, kamu bisa menjamin kalau masa tuamu nanti bakal terhindar dari berbagai penyakit.

Kurangnya olahraga dan gaya hidup nggak sehat bisa jadi masalah utama yang bikin tubuh jadi sarang penyakit. Apalagi buat kamu yang suka mengonsumsi makanan laut mentah atau dengan tingkat kematangan belum sempurna.

Gara-gara suka mengonsumsi makanan laut yang belum matang sempurna, nasib malang justru harus dialami oleh seorang pria dari China yang tiba-tiba mengidap epilepsi.

Saat melakukan pemeriksaan, dokter justru menemukan seekor cacing pita sepanjang 10 yang bersarang di otaknya. Tanpa perlu menunggu lama, pria berusia 26 tahun tersebutpun langsung menjalani operasi di First Affiliated Hospital of Nanchang University pada Senin lalu.

Cacing pita di otak  © 2018 brilio.net

foto: mirror.co.uk

Dikutip brilio.net dari laman mirror.co.uk, Minggu (16/9), Dr. Wang Chunliang yang melakukan prosedur operasi mengungkapkan cacing pita tersebut ditemukan setelah tes darah dilakukan, ia juga menceritakan tentang cacing tersebut saat dikeluarkan dari otak.

"Cacing itu masih hidup ketika kamu mengeluarkannya. Itu (bentuknya) kenyal, berwarna putih, dan bisa berenang," ungkap Dr. Wang Chunliang.

Cacing pita di otak  © 2018 brilio.net

foto: mirror.co.uk

Parasit tersebut muncul diduga karena kebiasaan pria yang berasal dari keluarga Liu  yang sering mengonsumsi makanan panggang. Makanan yang dikonsumsi Liu diduga masih terkontaminasi karena belum matang.

Seorang ahli dari Shanghai Neuromedical Center, Guo Hui mengatakan bahwa kasus-kasus cacing pita tersebut dapat terjadi para seseorang yang gemar mengonsumsi daging, dan makanan laut mentah atau setengah matang.

Akibat makanan yang belum matang sempurna, membuat seekor cacing atau telur (cacing) dapat bersarang dan tumbuh di otak atau organ tubuh lainnya melalui makanan yang dikonsumsi.