Brilio.net - Indonesia merupakan negara yang demokratis. Sebab itu, untuk memilih calon pemimpin pun melibatkan rakyat melalui pemilihan umum (pemilu). Pemilihan umum sendiri telah diatur di dalam Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Praktik pemilihan umum tengah dilakukan di Desa Karangpandan Kec. Pakisaji Kab Malang untuk memilih calon kepala desa (Cakades). Namun ada yang unik dalam pemilu di desa ini. Cakades memiliki nama dan wajah yang mirip.

Dilansir brilio.net dari tribratanewsmalang.com, Selasa (22/10), Cakades urutan no.1 ialah Djumain, S.E. yang beralamat di Dsn Kedungmonggo Rt. 18/04 Ds. Karangpandan. Sementara Cakades no.2 ialah Djumain yang beralamat di Jl. Garuda Rt. 06/02 Ds. Karangpandan Kec. Pakisaji Kab Malang. Keduanya resmi ditetapkan sebagai Cakades pada Rapat Pleno penetapan Calon Kepala Desa dan penetapan Nomor Calon Kepala Desa Karangpandan tahun 2018 di Pendopo Balai Desa Karangpandan Kec. Pakisaji Kab Malang, Sabtu (15/9).

Untuk mengenalkan Cakades kepada para pemilih, dibuatlah baner yang berisi informasi Cakades. Banner tersebut berisi potret Cakades lengkap beserta nama, nomor urut serta foto Cakades. Uniknya, Cakades dalam baner tersebut susah dibedakan.

Loading...

Bagaimana tidak, pertama Cakades memilik nama yang sama yakni Djumain. Kedua, paras mereka hampir mirip dan sama-sama berkumis. Yang membedakan hanyalah baju yang dikenakan yakni no.1 menggunakan jas sementara no.2 mengenakan blangkon dan pakaian tradisional.

Penampakan baner tersebut mengundang gelak tawa dan komentar warganet. Berikut komentar warganet.

"Kakak adik kali ya . Mirip juga," ujar pemilik akun Facebook Reni Wibowo InteriorDesigner .

"Kembar yg menjadi calon," komentar akun Facebook Iwang Oi.

"Siapapun pasti pilih Djumain," tulis akun Facebook Umbruche.

"coblos kumisanya pak djumain," komentar akun Facebook Is Ariyanto.

"Saya dukung Pak Djumain aja ah," tulis akun Facebook Andri N Nugraha.