Brilio.net - Laron merupakan hewan yang umum dijumpai saat memasuki musim hujan. Hewan serangga yang merupakan bagian dari siklus hidup rayap ini termasuk dalam kasta reproduktif, bertugas untuk berkembang biak dan membentuk koloni rayap baru.

Kehadiran laron saat musim hujan dikarenakan kondisi tanah yang basah dan lembap, sehingga memudahkan mereka untuk keluar dari sarang. Laron sangat menyukai cahaya lampu, karena cahaya tersebut membantu mereka menentukan arah terbang dan mencari pasangan.Setelah menemukan pasangan, laron akan melepaskan sayapnya dan mencari tempat yang cocok untuk membuat sarang baru.

Laron memang tidak berbahaya atau menggigit manusia, namun tetap mengganggu ketika sudah bergerombol terbang di bawah atau dekat lampu. Pasalnya kehadiran laron ini membuat kondisi lampu kian redup dan laron juga merayap ke lantai sehingga membuat siapa saja geli atau risih.

ngusir laron pakai ayam © Instagram

ngusir laron pakai ayam
Instagram/@jogjaimages

Kondisi ini tentu membuat sebagian orang mencari cara untuk mengusir laron. Mudahnya adalah dengan mematikan lampu. Namun cara ini tentunya bukan solusi terbaik, karena kalau lampu mati rumah jadi gelap.

Orang normal lainnya juga akan menggunakan cara lain, seperti memanfaatkan baskom atau ember berisi air. Pasalnya, meletakkan wadah berisi air di bawah lampu yang dipenuhi laron, akan memantulkan cahaya dan menarik laron untuk menghampirinya. Laron yang terjatuh ke dalam air akan mati.

Ada juga nih yang menggunakan semprotan cuka atau sabun cair. Dimana campuran cuka dan lemon atau air dan sabun, disemprotkan ke tempat-tempat yang biasa dikerubungi laron. Aroma yang kuat dari semprotan ini akan membuat laron tidak betah dan pergi.