Brilio.net - Anak kos. Dialah sosok yang sering dijadikan bahan guyonan selain seorang jomblo. Sebetulnya bukan maksud hati menjadikan lelucon, tapi karena saking banyaknya orang yang pernah ngalamin kondisi jomblo atau ngekos, jadinya bukannya merasa tersindir justeru ketawa sendiri. Walaupun terkadang kamu ngerasa prihatin sama diri sendiri. Betul, nggak?

Perjuanganmu meraih cita-cita di tanah rantau emang berat, salah satunya dari sisi finansial. Apalagi kalau kamu anak kos. Kamu harus pinter mengatur keuangan biar nggak cepat tekor pada tengah bulan. Nah, biar kamu semangat bikin orangtuamu bangga, baca yuk kumpulan meme yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/7) berikut ini. Meme-meme anak kos nggak punya uang ini pasti pernah kamu rasakan, deh. Cek, yuk!

1. Mi adalah menu idola yang nggak kenal musim.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Sudah jadi rahasia umum kalau mi instan itu andalan makanan anak kos. Soalnya praktis dan enak. Apalagi pas bulan Ramadan begini males keluar beli menu buka atau sahur, masak mi aja cepet dan gampang. Betul, nggak?

2. Siklus hidup anak kos ketika Ramadan.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Sama aja kayak bulan selain Ramadan, menu makan anak kos bisa mengalami fase-fase "hedon" sampai "melarat". Persis di gambar, menu sahur anak kos bisa beragam ketika awal bulan, akhir bulan bisa lihat sendiri, kan?

3. Suka sering salah lihat kalau udah tanggal tua.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Tanggal tua itu efeknya lucu. Kamu bisa salah fokus lihat sesuatu. Ditambah lagi kamu sedang puasa, rasanya lemes nunggu buka. Jadinya kalau lihatin plastik air mineral mirip banget kayak uang Rp 50 ribu, lihatin kecoa mati kaya kurma, dan sebagainya. Ngaku hayooo...

4. Maunya gratisan aja.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Nah... ini anak kos banget, nih. Sukanya cari gratisan. Buka puasa pun carinya yang gratisan, misalnya aja ke masjid atau spot sebuah komunitas atau pihak yang membagikan takjil gratis.

5. Kreatif tingkat tinggi.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Kelebihan jadi anak kos selain teruji kesabaran dan ketabahan jauh dari keluarga adalah kreativitasnya terasah. Soalnya kalau nggak punya modal cukup beli barang yang sekiranya agak wah atau nggak terlalu sering dipakai, maka diciptakanlah benda dengan fungsi yang sama dari benda yang ada. Ya, kayak gambar di atas itu.

6. Anak kos juga punya siklus "hidup" keuangan.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Anak kos pasti sering mengalami fase dari banyak uang sampai kering kerontang. Mungkin malah setiap bulan begini? Bahkan kadang ada aja pengeluaran sampai nggak sadar ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Termasuk juga keinginan bersedekah yang beberapa kali bisa tergeser dengan kebutuhan lain.

Nah, buat kamu anak kos yang punya budget pas-pasan, nggak perlu khawatir nggak bisa berbagi kebaikan. Detik ini juga kamu harus ubah pola pikirmu bahwa membantu itu harus berupa uang. Hanya cukup dengan berbagi cerita, kamu bisa berbuat baik bagi sesama.

Ikuti challenge berbagi cerita di #BerbagiKemurnian bersama Bear Brand. Di sini kamu ditantang bercerita tentang sosok di sekitarmu yang layak disebut pahlawan. Nggak cuma berbagi cerita, kamu bisa berkesempatan dapetin THR senilai total Rp 10 juta! Info lebih lanjut, baca di sini.

7. Rice cooker jadi benda "ajaib"!

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Anak kos selalu berusaha hidupnya hemat. Tapi saking hematnya dan bergabung dengan daya kreativitas tinggi bikin kamu berbuat agak nyeleneh. Misalnya memakai rice cooker untuk berbagai macam kebutuhan memasak, dari merebus air sampai menggoreng telur. Apalagi kalau nggak ada dapur, mau beli peralatan dan perlengkapan masak juga bikin tekor, coy!

8. Berburu takjil yang enak-enak malah dapetnya zonk.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Sekarang ini takjil di masjid sudah banyak yang enak-enak. Bahkan ada yang membagikan makanan berat lezat sekalian. Nah, sialnya kalau habis, kamu cuma gigit jari. Akibat telat dateng akhirnya buka dengan seadanya. Sabar, ya!

9. Momen kondangan adalah momen yang paling ditunggu anak kos.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Momen pernikahan seorang kawan atau kerabat bisa menjadi kesempatan emas bagi anak kos yang sering makan prihatin. Kalau biasanya makan nasi bersandingkan kerupuk dan sambal, nah di kondangan bisa makan enak sepuasnya! Betul nggak?

10. Momen kondangan juga bisa jadi momok, lho.

anak kos bokek © 2016 brilio.net

Masalah yang paling bikin nyesek anak kos adalah kalau sudah banyak undangan pernikahan teman datang hampir bersamaan, mana keuangan lagi ngos-ngosan. Kalau nggak dateng dianggap sombong, dateng bisa tekor. Derita anak kos. Makanya, ikutan #BerbagiKemurnian aja, yuk! Lumayan bisa dapetin THR.