Brilio.net - Inovasi anak bangsa di bidang teknologi terus bermunculan. Seperti yang diciptakan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Danang Dauh. Bersama sejumlah rekannya, Danang menciptakan sepeda listrik berbasis Android, yang diberi nama Astrobike. Ke depan, dia berharap inovasinya dapat dipakai masyarakat, menjadi produk technopreneur.

Danang menuturkan, ide tersebut berawal dari pengalamannya yang tak memiliki sepeda motor. Mahasiswa jurusan Teknologi Informatika ini pun mengutak-atik sepedanya untuk dijadikan kelinci percobaan.

 Astrobike UNY © 2016 brilio.net

Seperti dikutip dari laman resmi UNY, Kamis (12/5), Astrobike ini menjadi sepeda bertenaga listrik yang tidak perlu dikayuh lagi dan sistem mesinnya dikendalikan dengan handphone Android. "Keunggulan Astrobike sendiri adalah pada double system charging, lock system dan system monitoring base on Android, astrobike application, dan beberapa fitur lain yang ditawarkan," ujar Danang.

Selain menjadi temuan yang menarik, rupanya Astrobike menarik perhatian Rektor UNY, Rochmat Wahab. Dalam acara Pameran Dies Natalis 52 UNY “Edu FAIR” di GOR UNY tersebut, Danang ditantang membuat lebih banyak untuk dijadikan sepeda kampus.