Brilio.net - Internet memang menjadi salah satu pemicu plagiarisme paling besar. Setiap orang bisa dengan mudah melakukan copy-paste alias copas apa saja yang tersedia di internet. Salah satu pengguna akses internet yang sering melakukan copas adalah mahasiswa.

Banyak sekali mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Karena kepepet, mereka hanya mencari artikel dari internet kemudian melakukan copas.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang sering melakukan seperti itu, mulai saat ini berhati-hatilah! Karena kini banyak sekali situs yang bisa digunakan untuk mengecek tulisan yang sumbernya copas dari internet.

Tentu situs-situs ini bisa digunakan dosen untuk mengecek apakah tugasmu itu plagiat atau tidak. Wah!

Salah satu situs yang biasa digunakan adalah smallseotools.com. Lewat menu Plagiarism Checker yang ada, setiap orang bisa mengecek apakah tulisan itu plagiat dari internet atau tidak.

Cara kerja menggunakan situs itu sebagai berikut.

1. Pertama, kunjungi situs smallseotools

situs chek copy paste © 2016 brilio.net

2. Kemudian copy-paste artikel yang ingin dicek orisinalitasnya. Misalnya saja brilio.net mencoba melakukan copas artikel tentang Lahirnya Pancasila dari Wikipedia.

situs chek copy paste © 2016 brilio.net

3. Kemudian masukkan security code dan enter Check Plagiarism.

situs chek copy paste © 2016 brilio.net

BACA JUGA: 30 Tahun garap tesis, mahasiswi ini baru bisa raih gelar doktor di umur 91 tahun

4. Setelah itu akan muncul seberapa besar plagiarisme dari artikel itu. Jika kalimat itu mengandung plagiarisme akan berwarna merah, jika tidak akan berwarna hijau.

situs chek copy paste © 2016 brilio.net

5. Klik kata Plagiarized untuk melihat artikel aslinya.

situs chek copy paste © 2016 brilio.net

Selain situs itu, ada banyak situs lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek plagiarisme. Nah, setelah tahu informasi ini apakah kamu akan percaya diri untuk copy paste tugas dari internet? Hayo lhooo..

(brl/gib)

(brl/gib)