Brilio.net - Kamu pasti sudah nggak asing dengan makanan khas Jogja, gudeg. Sayur yang berbahan nangka muda ini menjadi favorit banyak orang, termasuk turis asing yang bertandang ke Jogja. Kamu nggak percaya kelezatan gudeg bisa menggugah selera orang luar negeri?

Dikutip brilio.net dari akun Facebook BuzzFeed Oz, Rabu (4/11), orang bule juga terbuai kenikmatan gudeg ala mereka sendiri, lho. Berikut videonya untuk kamu:

 

BBQ Pulled Jackfruit That'll Fool Meat Eaters.

Posted by BuzzFeed Oz on Tuesday, 3 November 2015

Wah, kalau biasanya kamu merasakan gudeg dengan rempah-rempah khas Indonesia, inovasi dari video di atas membuat nangka muda justru dibumbui dasar barbeque (BBQ). Bahan dan bumbu yang perlu kamu persiapkan antara lain:

Loading...

- Nangka kemudian direndam di dalam air garam

- 2 sendok makan gula cokelat

- 1 sendok teh paprika bubuk yang sudah disangrai

- 1 sendok teh bawang putih bubuk

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh lada

- 1/2 sendok teh bubuk cabai

Selanjutnya, kamu campur semua bahan dan bumbu. Di sisi lain, panaskan 2 (dua) sendok makan minyak dalam wajan, kemudian goreng nangka muda yang telah berbumbu tadi selama 3 (tiga) menit dengan api yang cukup besar. Berikutnya, tambahkan 1 (satu) cangkir saus BBQ dan rendahkan api. Didihkan campuran ini selama 15 menit, sampai nangka kecokelatan pada semua sisinya.

Didihkan lagi selama 15 menit dengan menambah 1/2 cangkir air untuk menjaga saus tidak terlalu kental. Setelah nangka melunak, pisahkan atau belah potongan nangka matang tadi  dengan menggunakan dua garpu. Selanjutnya, 'gudeg BBQ' ini siapa dimakan, baik secara langsung maupun dijadikan isi dari burger.

Kamu bisa lihat sendiri respons para tester, kan? Dalam video yang telah ditonton sebanyak 1,169,355 ini menunjukkan para tester melongo saat merasakan 'gudeg BBQ' ini. Mereka tak menyangka bahan makanan yang mereka makan itu adalah sayuran, bukan daging babi yang seperti mereka duga.

Hmmm... kalau menurutmu gimana, guys? Mau pilih gudeg asli Jogja apa 'gudeg bule', hayo?