Brilio.net - Mudik terkadang dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Rumah-rumah kosong yang ditingggalkan pemiliknya menjadi sasaran empuk untuk dibobol. Selain itu, keteledoran pemilik juga bisa menjadi petaka di rumah, misalnya kebakaran. Nah berikut ini brilio.net berikan tips sederhana agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik.

1. Mengamankan kunci

Ambil semua kunci yang kamu pikir sudah disembunyikan dengan baik di luar rumah. Tempat persembunyian kunci yang terlalu umum adalah di bawah keset, batu, atau di bawah pot bunga. Setidaknya, daerah ini akan menjadi area pertama pencuri mencari kunci rumah kamu.

2. Memadamkan dan menyalakan lampu

Lampu adalah indikator paling penting saat menentukan si pemilik ada di rumah atau tidak. Untuk itu, pastikan lampu menyala pada malam hari dan padam saat pagi hari.

Loading...

Anda bisa mencari lampu LED otomatis yang bisa mendeteksi cahaya. Pasang lampu ini di teras, halaman, dan jalan di depan rumah. Selain itu, jika tidak memungkinkan mengganti bohlam lampu, sekali lagi minta bantuan tetangga untuk berkala memadamkan dan menyalakan lampu.

3. Beritahu tetangga di sekitar

Jika kamu menitipkan rumah atau meminta tolong untuk merawat rumah selama kamu tidak di rumah kepada tetangga, pertimbangkan untuk memberi tahu lebih dari satu tetangga. Dengan begitu, secara tidak kasat mata, rumah kamu terjaga dari berbagai sisi. Namun, tentu saja dengan asumsi tetangga tidak mudik atau bepergian juga.

4. Tutup kran air

Kran air di dapur dan kamar mandi diusahakan ditutup sebelum berangkat, atau bisa langsung mematikan jalur utama air jika menggunakan PDAM. Hal ini dilakukan untuk menghindari lupa menggunakan air yang bisa mengakibatkan banjir di dalam rumah

5. Matikan kompor

Kelihatannya sepele, tapi sudah banyak kasus kebakaran yang disebabkan keteledoran pemilik rumah yang lupa mematikan kompor saat ditinggal pergi. Jangan sampai ini menimpa kamu.

Oke guys, selamat mudik ya!

BACA JUGA:

Berapa sih biaya parkir yang sebenarnya? Ini penjelasannya

Asyiknya jadi tukang parkir di sini, sering ketemu artis

Nasib juru parkir wanita, gadaikan motor demi ganti rugi motor hilang

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

Hendak tilang pengendara tanpa surat tugas, polisi ini malu sendiri

15 Potret kebaikan polisi yang sering kamu lupakan

VIDEO: Momen tilang polisi yang memiliki surat tugas

Polisi Belanda selalu bawa boneka Teddy Bear saat patroli, mengapa?

Bukanya patroli, motor polisi ini digunakan pelajar ke sekolah

Tak ditangkap, pencuri ini justru diberi banyak makanan oleh polisi