Brilio.net - Kamu punya teman sekolah yang cool? Setiap cewek yang melihatnya bakal terpana dan minta dijadikan pacar. Namun menurut sebuah penelitian, anak yang populer semasa sekolah akan mengalami berbagai persoalan hidup yang pelik ketika kelak dewasa.

Penelitian tersebut dilakukan di sebuah sekolah di Amerika Serikat dan diikuti 184 remaja mulai usia 13 tahun hingga usia 23 tahun. Data diperoleh dari remaja itu sendiri, teman-teman mereka dan orang tua.

Para peneliti menyimpulkan bahwa remaja yang bersikap 'cool' dan populer semasa sekolah punya masa depan yang cenderung kelam dibandingkan anak yang biasa-biasa saja. Mereka juga berisiko tinggi terjebak dalam narkoba, kecanduan alkohol serta terlibat dalam aksi kriminal.

"Remaja yang disebut 'keren' memang terbiasa dengan popularitas dari waktu ke waktu. Mereka akan berperilaku lebih ekstrim lagi untuk mencoba tampil keren, setidaknya untuk subkelompok remaja lainnya," kata Joseph P. Allen, Hugh P. Kelly, Profesor Psikologi dari University of Virginia, yang memimpin penelitian tersebut.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Alhasil, mereka akan terlibat dalam perilaku kriminal, penggunaan alkohol dan narkoba seiring bertambahnya usia mereka. "Remaja yang sok keren juga kurang kompeten dalam kehidupan sosial saat mereka beranjak dewasa," imbuhnya seperti dilansir brilio.net dari Dailymail, Minggu (2/8).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development dilakukan selama satu dekade. Para peneliti mengingatkan remaja untuk tidak bertingkah sok dewasa. Mencari popularitas dan perhatian dengan bersikap dewasa sebelumnya usia sesungguhnya tidak akan bermanfaat bagi mereka.

(brl/swh)