Brilio.net - Memang benar bahwa ternyata hampir semua tumbuhan di sekitar kita dapat dimanfaatkan dengan baik asalkan kita tahu bagaimana pengolahannya yang tepat. Ambil salah satu contoh adalah labu kuning. Kebanyakan masyarakat mengolah bahan ini menjadi keripik saja, itu artinya hanya daging buahnya saja yang dimanfaatkan. Lalu bagaimana dengan bagian lain dari labu, misalnya biji?

Itulah salah satu alasan mahasiswa-mahasiswa kreatif dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini membuat satu percobaan untuk kemudian diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menggunakan biji labu kuning sebagai bahan utamanya. PKM yang diberi istilah Nu-Pumpseed (Nutraceutical Pumpkin Seeds) ini sebenarnya adalah produk nutrasetika dari biji labu kuning yang fungsinya dapat digunakan sebagai obat dan juga makanan.

"Sebenarnya Nu-Pumpseed ini masih tahap penelitian dasar yang rencananya akan kami buat produknya yang menggunakan bahan dasar biji labu kuning. Untuk saat ini produk yang terpikirkan adalah susu terfortifikasi biji labu kuning, cereal nu-pumpseed, kwaci biji labu kuning, dan oatmeal," cerita Beni Lestari, salah satu penggagas PKM ini pada brilio.net, Senin (15/6).

Sering diabaikan, biji labu kuning ternyata mujarab untuk nutrisi otak

Beni juga menambahkan bahwa sebenarnya kandungan senyawa yang terdapat dalam biji labu kuning sangat banyak, di antaranya adalah secoisolariciresinol sebagai senyawa fitoestrogen, tocopherol sebagai antioksidan, dan omega-3 yang merupakan lemak baik untuk kecerdasan otak. "Ada banyak sekali keunggulan dari Nu-Pumpseed kami ini, pertama mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat mengurangi gejala pada wanita menopause dan pastinya juga baik untuk kecerdasan otak," lanjut Beni.

Dan berkat biji labu kuning tersebut, Beni Lestari beserta empat rekannya yang lain yaitu Naisbitt Iman, Ariska Deffy, Thoriq Ziyad, dan Ziana Walidah berhasil memboyong medali emas dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada tahun 2014 lalu.

BACA JUGA:

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

Cara ibu membahagiakan kamu lebih dari yang kamu sadari

Joko Mulyanto, sopir panggilan yang dirikan panti asuhan

Jangan stres! Konsultasikan problem psikologi lewat online di sini

VIDEO: Einstein menari hebohkan pengguna Facebook

Hebatnya 3 anak muda ini, dalam 2 jam jadikan helm sebagai charger HP

Mahasiswa ini ciptakan charger smartphone tanpa kabel, hebat betul!

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Mahasiswa UGM ubah cangkang telur ayam jadi pencegah kerak gigi

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi

Atasi liur saat pemeriksaan gigi, mahasiswa ini bikin alat praktisnya